Home Bisnis & Wirausaha 5 Contoh Industri Kreatif Produktif Digital

5 Contoh Industri Kreatif Produktif Digital

81
0
SHARE

Untuk meningkatkan perekonomian Nasional, pemerintah saat ini terus berupaya untuk menggenjot sektor Industri kreatif.  Seperti diketahui, sektor industri kreatif merupakan penopang ekonomi bangsa. Dalam beberapa tahun terakhir industri kreatif sangat berperan dalam membantu meningkatkan perekonomian nasional.

Produk Industri kreatif seperti kerajinan tangan memiliki nilai jual yang ekonomis, selain itu produk ini juga punya potensi besar untuk di ekspor. Bahkan beberapa daerah sudah dijadikan sebagai sentra bisnis industri kreatif yang memiliki pasar sendiri.

Saat ini sejalan dengan perkembangan teknologi informasi digital yang pesat, hal tersebut meningkatkan juga industri kreatif digital yang tubuh pesat. Industri kreatif digital terus mengalami peningkatan sejalan dengan pengguna internet yang terus bertambah.e-Commerce pun menjadi industri kreatif digital yang kini mengalami pertumbuhan. Dan berikut adalah 5 jenis Industri Kreatif Digital.

5 jenis Industri Kreatif Digital.

  1. Film

Film merupakan salah satu jenis industri kreatif digital. Dengan semakin tingginya pengguna media sosial saat ini, promosi film lebih mudah dilakukan. Selain itu, semakin trennya Youtube sebagai wadah untuk menyimpan kreatifitas industri film, dimanfaatkan juga oleh sebagian masyarakat kreatif untuk dijadikan pendapatan. Seperti diketahui, saat ini semakin ramai pengguna Youtube atau biasa akrab dengan Youtubers yang bisa menghasilkan uang dari Youtube.

  1. Game

Industri kreatif game ini berkaitan dengan  kreasi, produksi, dan distribusi permainan komputer dan video yang bersifat hiburan dan edukasi. Kini perkembangan industri game ditanah air berkembang pesat sejalan dengan penggunaan smartphone.

  1. Aplikasi/Software

Industri kreatif ini berkaitan dengan industri komputer dan sejenisnya. Industri kreatif ini lebih berfokus terhadap pengembangan teknologi informasi termasuk juga layanan jasa komputer, pengolahan data, pengembangan database, pengembangan piranti lunak, desain hingga analisis sistem.

  1. Musik

Industri musik merupakan salah satu jenis industri kreatif digital yang mengalami pertumbuhan pesat. Industri kreatif ini berkaitan dengan kreasi, pertunjukan/konser, produksi, distribusi hingga rekaman. Industri kreatif ini hanya untuk hiburan, namun juga memiliki nilai ekonomi yang menggiurkan.

  1. Periklanan/Advertising

Selanjutnya adalah industri kreatif periklanan. Ini berkaitan dengan bidang jasa periklanan atau biasa juga komunikasi satu arah dengan meidum tertentu. Industri kreatif periklanan meliputi pembuatan ide, kreasi, distribusi hingga iklan yang dihasilkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here