Amannya Stok Pangan Jelang Puasa

Amannya Stok Pangan Jelang Puasa

194
0
SHARE

Enggartiasto Lukita selaku Menteri Perdagangan (Mendag) mampu memastikan kalau stok pangan sebelum bulan puasa yang jatuh di bulan Mei 2017 saat ini posisinya sudah aman. Usai harga dalam kebutuhan bahan pokok memang masih sangat stabil sampai saat ini.

Dia mengatakan kalau pihaknya sudah mengundang pihak pemerintah daerah dalam tingkat kota, kabupaten, dan juga provinsi guna memantau semua ketersediaan dan juga stabilitas harga pangan sebelum datangnya bulan Ramadhan. Semua distributor pangan saat ini diminta juga ikutan memantau ketersediaan semua barang yang dimaksud untuk memastikan akan kondisi kedepan.

“Stok bahan pangan sebelum bulan Ramadhan saat ini aman. Bukan hanya mengundang semua kabupaten kota dalam setiap provinsi kami akan juga menghadirkan para distributor dalam memantau terus ketersediaannya,” ungkap dia saat ditemui awak media di Auditorium Kemendag, di Jakarta.

Di dalam beberapa hari ini, pihaknya bakalan menyosialisasikan mengenai aturan baru soal kewajiban distributor pangan dalam melaporkan kapasitas stoknya dengan jalur berkala. Mengingat jika ditimbun dalam skala besar akan membuat harganya ikut melambung usai minimnya stok yang ada.

“Kami akan melakukan sosialisasikan soal keputusan yang sudah ada, bahwa kesemua produsen wajib lapor, ini juga soal wajib lapor tentang posisinya, posisi dalam skala stoknya. Kami juga akan meminta harga pastinya juga,” tambahnya.

“Mereka nanti juga tak boleh menjual dengan harga tinggi bahkan melampau harga patokan, apalagi gula dan minyak,” tegasnya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY