Home Info Agribisnis Perkebunan Aneka Bisnis Perkebunan yang Bisa Anda Coba

Aneka Bisnis Perkebunan yang Bisa Anda Coba

1967
0
SHARE

Daftar Variasi Bisnis Di Perkebunan

Bisnis perkebunan memiliki peluang besar untuk mendapatkan penghasilan yang berlipat. Bagi mereka yang memang senang bergelut dengan tanaman, hal ini bisa menjadi sarana sebagai pelampiasan hobi sekaligus untuk mendapatkan penghasilan sampingan. Yang paling penting dari bisnis perkebunan ini adalah kesabaran dan keuletan untuk merawat tanaman-tanaman tersebut hingga menghasilkan sesuatu. Ada banyak ragam bisnis perkebunan yang bisa di manfaatkan dan menghasilkan pendapatan yang lumayan besar.

Bisnis tanaman hias

Jika memiliki lahan perkebunan yang luas dan senang dengan tanaman hias maka tidak ada salahnya mencoba berbisnis tanaman hias ini. Tanaman hias memiliki pangsa pasar yang cukup besar. Mengingat saat ini semakin berkurang lahan kebun pada suatu rumah, sehingga untuk mempercantik rumah tersebut perlu beberapa tanaman hias yang bisa ditaruh di dalam pot.

Modal untuk bisnis ini juga tidak besar, asalkan bisa mendapat bibit tanaman hias yang unggul serta beberapa meter persegi lahan, maka usaha ini bisa segera dimulai. Keuntungan dari bisnis ini terbilang besar. Apalagi jika variasi tanaman hias yang dijual sangat unik dan berbeda dari kebanyakan tanaman hias lainnya.

Simak Juga:  PT Berdikari Diharapkan Membawa Perubahan Untuk Peternak Lokal

Selain dari tanaman hiasnya, keuntungan juga bisa didapatkan dari diversifikasi usaha seperti menyediakan jasa merangkai bunga atau menyediakan buket bunga untuk acara pernikahan, kematian dan acara resmi lainnya. Yang harus selalu diperhatikan dalam usaha ini adalah kualitas tanaman hias yang bagus dan selalu segar.

Bisnis tanaman obat / herbal

Tanaman obat atau herbal saat ini menjadi salah satu alternative pengobatan bagi beberapa penyakit. Karenanya usaha tanaman herbal ini pun semakin berkembang seiring dengan banyaknya permintaan dari para konsumen. Tidak hanya permintaan dalam bentuk bibitnya saja, tapi juga tanaman yang sudah langsung jadi, sehingga konsumen hanya tinggal merawatnya di rumah.

Bisnis tanaman herbal juga memiliki peluang keuntungan yang besar. Apalagi beberapa tanaman herbal ternyata hanya bisa tumbuh di daerah tertentu saja, yang menjadikannya harga jualnya semakin tinggi. Harga jual tanaman herbal tersebut biasanya dipengaruhi dari besar manfaatnya serta berapa banyak populasinya. Beberapa tanaman herbal yang cukup banyak diminati adalah pasak bumi, mengkudu, buah makasar dan daun dewa.

Simak Juga:  Jasindo Sudah Siapkan Asuransi Tebu dan Holtikultura

Bisnis tanaman hidroponik

Merupakan tanaman yang dikembang biakan tidak dengan media tanah, melainkan melalui media air saja. Budidaya tanaman hidroponik ini berkembang sangat pesat beberapa tahun terakhir. Salah satu faktor pemicunya adalah kurangnya ketersediaan lahan untuk media penanaman, sehingga orang-orang mulai beralih dengan menanam secara hidroponik.

Tanaman hidroponik yang dijadikan bisnis bisa berupa tanaman hias atau hasil dari tanaman hidroponik itu sendiri. Karena ada beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa tanaman yang ditanam dengan air memiliki keunggulan tersendiri ketimbang tanaman yang ditanam secara konvesionala.

Karena itu banyak orang yang akhirnya meminta beberapa bahan sayuran yang ditanam melalui cara hidroponik. Modal serta peralatan untuk menjalankan bisnis ini juga tidak banyak. Sehingga usaha ini termasuk usaha bermodal sedikit namun bisa memberikan keuntungan yang berlipat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here