Home Info Agribisnis Cara awal Beternak Burung Kenari

Cara awal Beternak Burung Kenari

1085
0
SHARE

Beternak burung kenari merupakan salah satu peluang usaha yang sangat menjanjikan saat ini. karena industri burung hias sedang sangat berkembang di kalangan masyarakat.  Burung kenari merupakan salah satu burung yang sangat di minati oleh pecinta burung karena memiliki suara yang sangat merdu dan selain itu burung kenari pun memiliki harga jual yang tinggi

Burung kenari saat ini memiliki harga jual yang stabil di pasaran tak heran jika beternak burung kenari saat ini memiliki prospek yang sangat bagus. Bagi pemula yang ingin memulai bisnis ternak kenari perlu banyak yang di perhatikan, ada baiknya beternak burung kenali lokal, Karena burung kenari lokal relatif lebih mudah dibanding langsung burung kenari besar seperti rokshire, F1, F2 dan F3. Bagi pemula ada baiknya untuk memahami burung kenari agar budidaya yang dilakukan bisa sukses.

Membedakan jenis kelamin burung kenari

Bagi pecinta burung kenari, pasti sudah bisa membedakan jenis kenari betina dan jantan. Namun bagi pemula masih perlu banyak yang di pelajari dalam beternak burung kenari terutama harus bisa membedakan jenis kelamin burung kenari.

Awalnya pasti akan merasa kesulitan dalam membedakan kelamin burung kenari, namun setelah terbiasa nanti akan bisa membedakan kelamin burung kenari. Berikut adalah cara membedakan jenis kelamin burung kenari

Ciri Ciri burung kenari betina

  • Memiliki dubur rata dan tidak menonjol
  • Berbunyi tapi tidak nyaring
  • Leher lebih pendek dan badan lebih bulat

Ciri ciri burung kenari jantan

  • Kenari jantan memiliki dubur yang menonjol dan tegak lurus
  • Memiliki suara yang ngerol dan nyaring
  • Leher yang panjang dan tubuh cendrung ramping dan panjang

Cara menjodohkan burung kenari

Setelah bisa mengenali jenis kelamin burung kenari, langkah yang perlu di lakukan untuk beternak kenari adalah mencari bibit burung kenari untuk di jodohkan, karena burung kenari yang akan diternak perlu melalui proses penjodohan agar kenari yang kawin bisa menghasilkan anakan yang baik. Sebaiknya dalam menjodohkan burung kenari kita perlu melihat dahulu apakah kenari sudah siap dikawinkan atau belum, karena kenari memiliki ciri2 jika sudah siap untuk di kawinkan.

Ciri Ciri Burung Kenari Yang Siap untuk di jodohkan

Kenari Jantan kenari betina
Rajin berkicau, ngeroll dan semakin keras bunyinya. Kadang berkicau lirih (ngriwik) dengan suara lembut tetapi tanpa ngeroll.
Sambil berkicau bergerak-gerak ke kiri dan kanan seolah-olah ingin keluar dari sangkar (ngosek). Jika mendengar suara atau melihat pejantan kelihatan resah, bergerak ke kiri atau kanan seolah ingin keluar dari sangkar/kandang.
Apabila melihat kenari betina kelihatan resah dan ingin mendekat sambil berkicau terus. Kadang mengepak-ngepakkan sayapnya seolah-olah akan terbang tetapi tidak jadi.
Jika dilihat duburnya: ada tonjolan agak panjang yang disebut dengan pen Sering membawa serat atau daun cemara ke dalam sarang dan membuat sarang bertelur menjadi bundar

 

Jenis jenis Burung kenari

Saat ini burung kenari memiliki beberapa jenis, namun yang biasa di budidayakan oleh peternak adalah jenis kenari lokal, karena kenari lokal memiliki suara yang khas. Berikut adalah beberapa jenis burung kenari.

Jenis Burung Kenari

Kenari Holland

kenari-hollanJenis kenari holland ini juga banyak peminatnya di indonesia, umumnya kenari jenis ini memiliki panjang badan mencapai 11 sampai 16 CM. jenis kenari ini memiliki warna yang beragam, seperti, merah, hijau dan kuning

Kenari Yorkshire.

kenari-Yorkshirejenis burung kenari yang satu ini memiliki panjang tubuh yang cukup panjang antara 15 sampai 19 CM. bentuk badanya sangat mirip dengan buah wortel,

Kenari Taiwan.

kenari-taiwanjenis burung kenari taiwan, memiliki warna bulu kuning yang lebih agak kasar,memiliki panjang panjang 15 Cm.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here