Home Investasi Harga Daging Ayam Rentan Naik Menjelang Idul Adha      

Harga Daging Ayam Rentan Naik Menjelang Idul Adha      

748
0
SHARE

Harga daging ayam sempat mengalami lonjakan setelah lebaran, harga daging ayam sempat menyentuh harga Rp.44.000 perkg. Namun saat ini harga daging ayam di pasaran sudah stabil. Di pasaran harga daging ayam saat ini berada di kisaran Rp.33.000 perkg hingga Rp.35.000 perkg.

Namun kendati demikian, harga daging ayam saat ini masih tergolong cukup tinggi jika di bandingkan dengan harga sebelum bulan puasa yaitu berkisar sekitar Rp.27.000 – Rp.30.000 perkg. pemerintah saat ini sudah melakukan segala upaya untuk menstabilkan harga daging ayam sesuai dengan yang sudah tercantum pada Peraturan Menteri Pertanian No 26/Permentan/PK.230/5/2016 tentang Penyediaan, Peredaran, dan Pengawasan Ayam Ras.

Dalam peraturan tersebut sudah di sampaikan bahwa, Pemerintah harus bisa menjaga stabilitas harga daging ayam dan juga suplai ayam ras. Saat ini pemerintah terus melakukan upaya pengontrolan ketat terkait peredaran ayam di pasaran. Yang terpenting adalah para peternak ayam bisa mendapatkan suplai DOC (day old chick) dari breeder minimal enam bulan ke depan kepada pembibit.

Namun hingga saat ini sistem ini masih belum berjalan optimal karena masih mengalami kendala. Jika pemerintah masih belum bisa untuk menstabilkan harga daging ayam di pasaran bukan tidak mungkin harga daging ayam akan kembali melonjak terutama saat menjelang idul adha.

Tahun sebelumnya, hagra daging ayam sempat melonjak menjelang idul adha, oleh sebab itu saat ini potensi kenaikan harga daging ayam sekitar 40% masih sangat rentan terjadi. Karena permintaan daging ayam di pasaran akan mengalami peningkatan, oleh sebab itu pemerintah perlu dengan cepat untuk menstabilkan harga daging ayam di pasaran. (Informasi Harga Ayam dari Peternakan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here