Home Investasi Harga Kentang Masih Stabil Di Tengah Produksi Yang Menurun

Harga Kentang Masih Stabil Di Tengah Produksi Yang Menurun

803
0
SHARE

Setelah lebaran lalu sejumlah harga pangan sempat mengalami kenaikan dan masih belum turun. Namun dari sejumlah komoditas yang mengalami kenaikan, hanya kentang yang harga nya masih terhitung stabil, walaupun stabil namun di sejumlah wilayah ada kenaikan harga kentang walaupun tidak terlalu menonjol. Saat ini terkendala cuaca harga produksi kentang mengalami penurunan, penurunan produksi ini sempat mempengaruhi harga kentang, di Jakarta, Harga Kentang berada di kisaran harga Rp.22.000 – Rp.23.000 per kilogram. Harga tersebut tentu mengalami lonjakan dari harga biasa yang berkisar sekitar Rp 8.000-Rp 12.000 per kg.

Kenaikan  harga kentang di sejumlah daerah di Jabodetabek karena adanya penurunan volume produksi kentang di daerah Dieng Jawa Tengah, kentang yang di hasilkan di daerah tersebut mengalami penurunan seperti di ketahui, Dieng menjadi pemasok utama kentang di wilayah jabodetabek. Dengan adanya penurunan produksi kentang yang drsatis ini mempengaruhi harga kentang di pasaran. Adanya penurunan produksi ini di sinyalir karena sejak awal agustus banyak petani kentang yang beralih menanam Wortel. Namun saat ini sejumlah petani sudah banyak yang kembali menanam kentang. Namun saat ini harga kentang sudah berangsur pulih dan sudah stabil di sejumlah pasar di daerah jabodetabek.

Saat ini harga kentang berada di kisaran harga Rp.12.000 -Rp 13.500 per kilogram. Walaupun produksi kentang masih belum maksimal dan masih menurun, namun kentang di sejumlah wilayah yang di pasarkan di bantu oleh produksi kentang dari wilayah jawa timur dan sekitarnya. Hal tersebut cukup membantu menekan harga kentang yang yang sempat melonjak di pasaran. Saat ini permintaan pasar terhadap kentang sudah kembali normal dan tidak ada lagi kelangkaan kentang, di harapkan produksi kentang akan segera stabil sehingga harga kentang bisa kembali stabil.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here