Home Investasi Impor Impor Daging Sapi Masih Belum Bisa Menekan Harga Daging Di Pasaran

Impor Daging Sapi Masih Belum Bisa Menekan Harga Daging Di Pasaran

509
0
SHARE

Harga Daging sapi di pasaran sampai saat ini masih belum turun, setelah lebaran harga daging sapi masih berada di kisaran Rp.120 ribu perkg. berbagai upaya terus dilakukan untuk bisa menekan harga daging sapi. salah satunya adalah dengan membuka kran impor daging sapi. Pemerintah membuka kran impor daging sapi dengan harapan mampu menekan dan menstabilkan harga daging sapi di pasaran. Namun nyatanya, saat ini harga daging sapi masih betah berada di harga Rp 120 ribu perkg. masih minimnya realisasi izin impor masih menjadi kendala mahalnya harga daging sapi di pasaran. realisasi impor daging sapi saat ini baru 40% dari izin impor sapi yang telah dikeluarkan.

Di bukanya kran impor daging sapi karena pemerintah ini mentargetkan harga daging sapi di pasaran Rp 80 ribu perkg sesuai dengan intruksi Presiden. Saat ini yang menjadi kendala impor adalah izin realisasi impor, saat ini realiasasi baru mencapai 40% dari total keseluruhan izin impor sekitar 80.000 ton. pemerintah terus berupaya mendorong importir untuk bisa mempercepat realisasi impor daging agar bisa memenuhi kebutuhan daging dalam negeri. Sebab saat ini pasokan daging dalam negeri masih belum sepenuhnya merata karena pasokan yang kurang akibat kendala impor.

Impor daging sapi ini sempat mengalami pro kontra, karena ada beberapa pihak yang menuding, Impor daging sapi dilakukan untuk membunuh bisnis peternak lokal, namun nyatanya adalah impor daging sapi dilakukan untuk bisa memenuhi kebutuhan daging sapi secara nasional, sebab permintaan daging sapi di pasaran masih cukup tinggi sementara daging lokal masih belum bisa memenuhi kebutuhan daging secara nasional. Oleh sebab itu Impor dilakukan untuk bisa mengisi kekurangan stok daging dalam negeri. Berdasarkan data, stok daging lokal hanya memenuhi sekitar 60% dari total kebutuhan daging dalam negeri. Yang perlu ditingkatkan adalah realisasi impor daging karena saat ini realisasi impor daging masih sangat rendah sehingga menghambat proses impor daging sapi. sebagi gantinya pemerintah juga membuka kran impor daging kerbau, impor daging kerbau dilakukan untuk menambah stok daging dipasaran.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here