Home Bisnis & Wirausaha Industri Kreatif Bisa Jadi Pendongkrak Ekonomi Bangsa

Industri Kreatif Bisa Jadi Pendongkrak Ekonomi Bangsa

374
0
SHARE

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi jika saat ini bisnis industri kreatif terus mengalami peningkatan hal ini sejalan dengan perkembangan teknologi sebagai sektor pendukung untuk industri ini. Industri kerajinan dan industri kreatif sudah cukup mendominasi pasar. Bukan hanya dalam negeri, produk kerajinan juga sudah banyak yang di ekspor ke luar negeri.

Presiden Joko Widodo mempercayai jika industri kreatif memiliki peranan penting dalam menopang ekonomi bangsa. Sebab pertumbuhan industri kreatif di Indonesia sangat bervariasi dan tumbuh sangat pesat. Keyakinan Presiden bukan tanpa sebab, hal tersebut di dorong oleh semakin berkembangnya pengrajin kecil dan besar yang bisa menghasilkan produk berkualitas internasional.

Produk produk industri kreatif masih didominasi oleh Usaha Kecil dan menengah (UKM). Para pelaku UKM ini yang nantinya memiliki peranan untuk mendongkrak nilai ekonomi daerah dan bangsa. Mengingat banyak produk yang dihasilkan seperti kerajinan tangan, film, musik, kerajinan kayu dll dihasilkan oleh pelaku UKM dengan kualitas internasional yang memiliki harga jual relatif tinggi.

Saat ini yang masih menjadi tangtangan untuk para pelaku UKM adalah  proses promosi dan juga pemasaran yang belum bisa berjalan maksimal. Sebab masih banyak produk produk UKM yang sulit diakses oleh pembeli., sehingga promosi dan pemasaran memang sangat penting untuk bisa memasarkan produk dengan baik.

Sejalan dengan ebrkembangnya teknologi, kini pelaku UKM bisa memanfaatkan koneksi internet untuk memasarkan produknya. Sudah banyak startup yang mendukung untuk menjual produk kerajinan tanah air. Semakin pesat, sektor industri kreatif bisa menjadi penopang ekonomi bangsa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here