Home Info Agribisnis Peternakan Jelang Idul Adha, Pengiriman Ternak Kurban Ke Jabar Semakin Naik

Jelang Idul Adha, Pengiriman Ternak Kurban Ke Jabar Semakin Naik

1141
0
SHARE

Menjelang Idul Adha 1436 H, proses pengiriman hewan ternak ke kawasan Jawa Barat mengalami peningkatan. Banyaknya hewan ternak yang masuk seperti ternak sapi dan kambing mengiringi hari Idul Adha yang akan jatuh sebentar lagi.

Dinas Peternakan Provinsi Jawa Barat, Kota Banjar pada Kamis kemarin melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan pengangkut hewan hewan ternak ini. Selain surat surat keterangan hewan yang diperiksa, fisik dari hewan ternak yang dibawa pun turut diperiksa.

harga_sapi_qurban_di_indonesia

Selain hewan ternak kambing atau sapi ini, juga diperiksa telur ayam yang dibawa oleh truk pengangkut ayam. Pos pemeriksaan ini juga adalah pintu masuk ternak yang menuju Jawa Barat yaitu arus dari timur seperti Jateng dan Jatim. Pengemudi yang melintas membawa ternak masing masing mendapatkan pertanyaan darimana asal muasal hewan ternak yang dibawa.

Di Bulan September ini saja sudah masuk data sebanyak 3.155 ekor sapi, dan kambing sebanyak 7.946 ekor. Selain itu juga terdapat kerbau sebanyak 119 ekor. Pada minggu ke-2 september ini adalah arus terbanyak kendaraan ternak yang melintas menuju Jawa Barat.

Dari data tersebut juga diketahui bahwa arus ternak yang hanya melintas Jabar sangatlah kecil ketimbang yang masuk ke daerah Jawa Barat itu sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here