Home Info Agribisnis Pertanian Kementan Matangkan Strategi Untuk Swasembada Pangan

Kementan Matangkan Strategi Untuk Swasembada Pangan

454
0
SHARE

Pemerintah melalui Kementerian Pertanian terus mengupayakan swasembada pangan. Beragai langkah terus dilakukan untuk bisa mencapai hal tersebut. Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman belum lama ini mengadakan rapat koordinasi pangan di Provinsi Kalimantan Selatan, hal tersebut sekaligus mengevaluasi program dan juga mematangkan program untuk meningkatkan produksi pangan dalam negeri. Selain itu, dalam rapat tersebut juga membahas strategi peningkatan swasembada pangan dan juga kesejahtraan para petani.

Mentan juga memiliki beberapa strategi untuk mencapai swasembada pangan yaitu, dengan melakukan peningkatan luas tambah tanam (LTT). Sehingga dalam rapat tersebut dilakukan penandatanganan Mou kesanggupan peningkatan LTT antara Kementan dan Dinas Pertanian serta TNI. Selain upaya LTT, mentan juga akan mencari lahan tidur sehingga bisa ditanami komoditas pangan strategis. Sebab lahan tidur nasional mencapi 14 juta hektare. Sehingga ini memiliki peluang yang cukup tinggi dan perlu untuk dimanfaatkan agar bisa mengeskpor pangan.

Selain itu dalam rapat tersebut dihadiri juga oleh Danrem 101/Antasari, Januar Adil, ia menambahkan bahwa TNI akan sanggup untuk meningkatkan LTT, strategi yang akan diterapkan adalah dengan menugaskan seluruh Dandim untuk turun kelapangan setiap hari sehingga laporan LTT setiap harinya tercatat. Kini Kementan akan terus mengupayakan meningkatkan produksi pangan di beberapa daerah.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here