Home Info Agribisnis Peternakan Kenali Penyakit Yang Timbul Saat Beternak Lele

Kenali Penyakit Yang Timbul Saat Beternak Lele

739
0
SHARE

Sebagai peternak lele, tentu harus bisa mengenali jenis hama dan penyakit. Jangan pernah di anggap remeh hama dan penyakit pada ternak lele karena akan bisa mempengaruhi produksi dan kelangsungan hidup dari lele tersebut. Hama pada lele biasanya masih berupa hewan yang akan bisa mengganggu produksi lele. Jika beternak lele di kolam terbuka, pasti hama yang perlu di waspadai adalah, ular, berang berang musang. Dan jenis hewan lain.

Selain itu yang perlu di perhatikan juga saat beternak lele adalah penyakit yang bisa mengganggu lele. Penyakit pada lele biasanya penyakit parasit yang bisa di sebabkan karena virus, bakteri dan jamur yang terjadi karena tingkat organisme yang rendah. Berikut adalah jenis penyakit pada ternak lele yang perlu di waspadai.

Penyakit Pada Ternak Lele

Penyakit Tuberculosis
Penyakit ini di sebabkan karena bakteri Mycobacterium, ikan lele yang terkena penyakit ini memiliki kulit gelap, mengalami pembengkakan pada perut dan akan terlihat berjalan berputar atau miring di permukaan air

Penyakit Bintik Putih dan Gatal
Penyakit ini di sebabkan oleh parasit dari golongan Ciliata. Penyakit ini bisa menyerang jenis ikan lain tidak hanya lele. Jika di serang oleh penyakit ini, ikan akan terlihat bergerak lemah dan akan selalu terlihat di permukaan air dan pada tubuh akan terdapat bintik-bintik berwarna putih pada kulit, sirip dan insang

Penyakit Trichodiniasis
Penyakit ini timbul karena bakteri  jenis protozoa Trichodina. Ikan lele yang terkena penyakit ini akan terlihat tidak bergairah dan terlihat lemas. Ikan lele juga akan terlihat sering menggosok-gosokkan tubuhnya ke dinding dan dasar kolam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here