Home Info Agribisnis Peternakan Pakan Ternak Ayam Mahal? Coba Buat Pakan Alternatif

Pakan Ternak Ayam Mahal? Coba Buat Pakan Alternatif

1112
0
SHARE

Harga pakan ternak ayam saat ini di bilang cukup tinggi sehingga turut membebani para peternak ayam. Namun saat ini peternak ayam bisa memanfaatkan pakan alternatif sendiri. pakan alternatif ini sangat bermanfaat untuk menghemat biaya ternak. Pakan alternatif tidak memerlukan banyak biaya, dengan harga yang murah pun peternak sudah bisa memberikan pakan ternak yang bergizi.

Dalam membuat pakan ternak alternatif yang di perlukan adalah bahan bahan limbah yang sudah tidak terpakai. Saat ini peternak ayam sudah banyak yang memanfaatkan limbah untuk di buat pakan alternatif selain murah kandungan gizi yang di dapat pun cukup untuk bisa mengembakan produksi ternak atau sama dengan pakan ternak yang non alternatif. Berikut adalah jenis bahan untuk membuat pakan alternatif.

Simak Juga:  PT Berdikari Diharapkan Membawa Perubahan Untuk Peternak Lokal

Bahan Untuk Membuat Pakan Alternatif

  • Ampas Tempe
    Limbah dari hasil pengolahan tempe yang berupa kulit kedelai bisa di manfaatkan untuk membuat pakan alternatif untuk ternak. Pakan alternatif dari ampas tempe memang bisa di gunakan untuk pakan alternatif namun jumlah kandungan serat kasarnya cukup tinggi.
  • Dedak Padi
    Dedak padi merupakan salah satu pakan alternatif yang biasa di gunakan oleh peternak. Dedak padi ini berasal dari penggilingan padi. Hasil dari dedak padi sering di gunakan peternak untuk membuat pakan alternatif.
  • Limbah Pengolahan Sinngkong
    Limbah dari pengolahan singkong atau onggok bisa menjadi salah satu pilihan untuk membuat pakan alternatif. Biasanya limbah yang di gunakan adalah limbah singkong yang sudah mengering. Sehingga akan mudah di olahnya.
  • Pohon talas
    Hampir setiap peternak ayam sudah memanfaatkan pohon talas sebagai pakan ternak nya karena pohon talas sangat muda di dapat. Selain itu kandungan gizi yang terdapat pun bisa menopang kebutuhan gizi untuk berproduksi
Simak Juga:  PT Berdikari Diharapkan Membawa Perubahan Untuk Peternak Lokal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here