Home Info Agribisnis Perikanan Pasar Amerika Tolak Rumput Laut Indonesia

Pasar Amerika Tolak Rumput Laut Indonesia

688
0
SHARE

Rumput laut merupakan salah satu komoditas ekspor unggulan indonesia dari sektor kelautan. Ekspor rumput laut indonesia sudah bisa di terima di pasar internasional dan sudah banyak negara yang mengimpor rumput laut dari indonesia. saat ini Ekspor rumput laut indonesia ke Amerika bisa terancam, hal tersebut karena Amerika saat ini sudah mengeluarkan (delisting) Rumput laut dari bahan pangan organik. Kebijakan tersebut dinilai karena, Rumput laut saat ini sudah tidak lagi masuk kriteria bahan pangan organik. Hal tersebut tentu sangat mengancam ekspor rumput laut indonesia ke Amerika. Karena di berlakukan nya delisting bisa menghentikan ekspor rumput laut indonesia ke amerika.

Perlu di ketahui, pada tahun 2015 saja ekspor rumput laut indonesia ke amerka mencapai angka US$ 1 juta, jumlah tersebut mengalami penurunan dari tahun sebelumnya. saat ini pemerintah akan lebih mewaspadai Delisting tersebut karena bisa berpotensi ke beberapa negara di eropa yang bisa saja melakukan delisting, tentu saja jika sudah begitu ini akan semakin mengancam ekspor rumput laut indonesia. jika negara yang menjadi tujuan ekspor rumput laut indoneisa memberlakukan delisting, di perkirakan indonesia bisa mengalami kerugian hingga US$ 160,4 juta tentu hal ini sangat perlu di antisipasi. Saat ini Indonesia menjadi produsen utama rumput laut di dunia serta mampu menyerap tenaga kerja di daerah pesisir dan pulau-pulau terluar Indonesia.

Simak Juga:  Ekspor Rumput Laut Nasional Mengalami Kenaikan Permintaan

Rumput laut indonesia yang di ekspor biasanya di gunakan untuk bahan baku carrageenan dan agar-agar. Namun setelah adanya penelitian bahwa carrageenan bisa memicu terjadinya kanker hal tersebut membuat amerika tidak akan menggunakan rumput laut sebagai bahan pangan organiknya. Apabila produk rumput laut akan dikeluarkan dari daftar bahan pangan organik, hal ini tentu akan merugikan Indonesia. hingga saat ini ekspor rumput laut indonesia ke beberapa negara masih terus di lanjutkan. Karena negara tujuan ekspor rumput laut indonesia masih ada yang tidak memberlakukan delisting dan hanya di amerika saja yang memberlakukan delisting. Saat ini yang di lakukan pemerintah adalah, tetap menjaga kualitas ekspor rumput laut indonesia sehingga bisa menghasilkan produk rumput laut yang bermutu.

Simak Juga:  Ekspor Rumput Laut Nasional Mengalami Kenaikan Permintaan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here