Home Info Agribisnis Pertanian Peran Sektor Pertanian Terhadap Pertumbuhan Ekonomi

Peran Sektor Pertanian Terhadap Pertumbuhan Ekonomi

1687
0
SHARE

Pada kuartal II ekonomi indonesia mengalami pertumbuhan berkinerja positif. pertumbuhan ekonomi indonesia pada Kuartal II ini mencapai 5.18%. jika mengacu dari data Badan Pusat Statistik (BPS), pertumbuhan ekonomi indonesia ikut di topang juga dari sektor pertanian. sepanjang kuartal II ini, sektor pertanian memiliki peranan dalam pertumbuhan ekonomi secara nasional, pada kuartal pertama, prediksi pertumbuhan ekonomi mencapai 5% . namun hanya sekitar 4.92% dan dikoreksi 4,91%. Yang meleset waktu itu adalah Pertanian.

Saat ini Sektor pertanian cukup memiliki peran dalam menopang laju pertumbuhan ekonomi indonesia. pada kuartal II sektor pertanian sudah berkontribusi sebesar 14,32%, termasuk kehutanan dan perikanan. Kinerja sektor pertanian sangat positif terutama dari sisi migas dan non migas. Secara keseluruhan industri pertanian turut berpatisipasi 21% terhadap pertumbuhan ekonomi. meningkatnya sektor pertanian karena, industri ini mengalami pertumbuhan yang besar di dorong oleh impor dan barang konsumsi yang tinggi sehingga sektor pertanian mengalami pertumbuhan.

Saat ini pertumbuhan ekonomi juga di dorong oleh hasil panen di sektor pertanian yang mengalami pergeseran sehingga hal ini bisa di lihat dari kuartal II 2016. Di harapkan produktivitas pertanian mengalami pertumbuhan dan juga konsumsi pertanian yang meningkat sehingga akan bisa menopang laju pertumbuhan ekonomi nasional hingga akhir 2016.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here