Home Info Agribisnis PTPN Ikutan Dalam Reforma Agraria

PTPN Ikutan Dalam Reforma Agraria

211
0
SHARE

PT Perkebunan Nasional bakalan akan ikut ambil bagian dalam program reforma agraria yang mana akan dijalankan pemerintah kedepannya.

Di draf reforma agraria, memang pemerintah sudah mencanangkan pengelolaan lahan dan akan mengadopsi konsep dari FELDA (Federal Land Development Authority) di Malaysia. Semua petani juga bakalan menjadi pemilik dan juga pengelola lahan serta kemudian anak-anak perusahaan PTPN akan berperan jadi pembeli yang mana mereka akan ditunjuk sebagai pemberi modal.

Seger Budiarjo selaku Direktur Personalia dan Umum dari PT Perkebunan Nusantara III mengatakan kalau sampai saat ini pihak pemerintah sama sekali belum mengkonsultasikan semua konsep FELDA bersama semua perusahaan. Mengingat, peraturan presiden soal reforma agaria sampai dengan sekarang memang masih digodok pihak Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian serta belum tau apa konsep yang ada didalamnya.

Dengan kondisi ini, dia juga memastikan kalau PTPN akan juga mengambil peran di rencana reforma agaria usai mereka menganggap kalau ini menjadi salah satu program unggulan dari pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Kalau kelak dia ditugaskan, maka Seger dalam harapan juga akan ikut dan perangkat kerja dari BUMN juga akan semakin jelas.

“Kami sudah berprinsip dalam rencana ini dan akan mendukung penuh program pemerintah. Soal kebijakannya nanti kami akan juga mempelajarinya,” ungkap dia kemedia.

Seger mengatakan juga, kalau selama ini konsep mirip FELDA juga sudah pernah dijalankan di Indonesia dan diwujudkan melalui perkebunan inti rakyat di areal transmigrasi. Dan dia sangat mengakui kalau model FELDA akan dirasanya berhasil jika dijalankan nanti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here