Home Info Agribisnis Rencana Rampungnya Pembangunan Desa Susu di Lembang

Rencana Rampungnya Pembangunan Desa Susu di Lembang

261
0
SHARE

Produsen susu dari Belanda, Frisian Flag, menganggarkan dana sebesar 4 juta euro (setara Rp56,5 miliar) dan ini akan dimanfaatkan untuk membangun Desa Susu dalam lahan seluas 1 ha dan akan mengambil lokasi di Lembang, Jawa Barat.

Soal pembangunan infrastruktur dari persusuan tersebut nantinya akan bisa menambah angka suplai susu segar menuju pabrik Frisian Flag yang cakupannya akan sebesar 2 ton dalam setiap harinya.

Pembangunan Desa Susu ini memanfaatkan areal milik PTPN VIII dan ada di wilayah Lembang, Jawa Barat, dalam laporan proses pembangunanya kini sudah dijalankan 15% serta targetnya rampung dalam akhir tahun ini.

Ini merupakan konsep Desa Susu dalam mengadaptasi semua peternakan sapi perah yang ada di Belanda. Soal Desa Susu nantinya akan berupa kandang besar terbuka dan bisa menampung sekitar 130 sapi perah yang dipunyai semua mitra perusahaan. Mengingat sejauh ini Frisian Flag sudah menjalin kemitraan bersama peternak Lembang, Jawa Barat, dalam pengembangan sapi perah yang ada di kawasan tanah air.

“Konsepnya yakni 5 hingga 10 peternak dalam kawasan Dairy Village akan menjalani serangkaian pelatihan. Kesemuanya bakalan mendapat pengarahan yang akan langsung di jelaskan Farm Manager dan ini juga soal pakan ternak, kesehatan, sampai cara pemerahan,” kata Akhmad Sawaldi, selaku DDP & Project FDOV Manager dari FrieslandCampina ke media beberapa waktu lalu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here