Home Investasi Ekspor Ayam Kampung Lokal Siap Masuk Pasar Internasional

Ayam Kampung Lokal Siap Masuk Pasar Internasional

387
0
SHARE

Ayam kampung merupakan salah satu jenis ayam konsumsi yang paling banyak digemari masyarakat Bukan hanya di Indonesia, tapi juga di negara lain. Ayam jenis ini biasa digunakan untuk kebutuhan konsumsi atau bisa juga digunakan oleh beberapa restoran sebagai menu andalannya.

Ayam kampung kini menjadi sorotan dunia. Setelah perusahaan asal Prancis yang membuat ayam broiler berwarna. Ayam tersebut dikabarkan sudah diekspor ke beberapa negara termasuk Malaysia dan diklaim sebagai ayam kampung.

Saat ini Indonesia mempunyai potensi yang kuat untuk bisa mengekspor ayam kampung ke sejumlah negara. Sebagai negara yang mempunyai kualitas ayam lokal yang baik, Indonesia bisa menembus pasar global. Menurut Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Peternak Nasional, Ade M Zulkarnain mengatakan jika negara tetangga Malaysia sudah berkeinginan untuk memanfaatkan ayam lokal dari Indonesia.

Situasi tersebut ditambah lagi sedang semakin maraknya kasus flu burung di sejumlah negara termasuk Prancis. Sehingga ini menjadi sebuah peluang untuk Indonesia bisa masuk ke Pasar Global. Diharapkan pemerintah bisa melihat peluang ini dan memberikan dukungan untuk peningkatan produksi, insentif bagi pembibit, serta mendorong Unit Pelaksana Teknis (UPT) mengingat potensi ayam lokal yang besar.

Saat ini pasokan ayam kampung masih kurang dari permintaan. Kontribusi ayam lokal dalam memenuhi kebutuhan ayam nasional hanya 6%., hal tersebut terjadi karena kurangnya pembibitan ayam kampung di Indonesia. Dari kebutuhan 100 juta ekor selama setahun, bibit yang bisa dipenuhi hanya 40%

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here