Home Bisnis & Wirausaha Cara Berbisnis Franchise POM Bensin Pertamina dengan Mudah

Cara Berbisnis Franchise POM Bensin Pertamina dengan Mudah

28
SHARE
Cara Berbisnis Franchise POM Bensin Pertamina dengan Mudah

Cara berbisnis franchise POM Bensin Pertamina merupakan salah satu hal yang menggiurkan bagi pemilik modal. Karena Pertamina merupakan salah satu perusaahaan yang memiliki banyak sekali bidang usaha. Lini bisnis utamanya adalah franchise Pertamina yang berupa SPBU. Sehingga wajar kalau SPBU hadir menyebar di seluruh wilayah Indonesia.

Cara Berbisnis Franchise POM Bensin Pertamina

Pertamina membuka kerjasama dengan semua orang yang memiliki modal yang cukup untuk membuka SPBU. Karena tidak mampu untuk berusaha sendiri menyebar luaskan BBM ke seluruh wilayah. Cara berbisnis franchise POM Bensin Pertamina juga tidak sulit dipenuhi.

  1. Syarat Dokumen yang Harus Dimiliki

Yang pertama harus dipenuhi oleh calon mitra adalah syarat dokumen seperti KTP asli, NPWP perusahaan. Akta pendirian perusahaan yang membuktikan bahwa usaha anda resmi dan diakui oleh pemerintah. Kemudian rekening tabungan, dan memiliki lahan sendiri yang bebas sengketa dengan sertifikat.

Kemudian yang tidak boleh dilupakan adalah syarat utamanya, yaitu merupakan WNI yang memiliki bisnis berbentuk badan usaha. Contohnya adalah seperti CV, PT, Koperasi dan berbagai macam usaha lainnya.

  1. Sarana dan Prasarana yang harus Tersedia
Simak Juga:  Ekspor Import Saat Pandemi Apakah Menguntungkan?

Kemudian syarat yang kedua adalah, SPBU yang didirikan harus berstandar sesuai ketentuan langsung oleh Pertamina. Standar yang mengatur tentang keselamatan SPBU dan juga lingkungan tempatnya berada. Standar yang penting tersebut diantaranya adalah:

  • Mempunyai instalasi pembuangan limbah.
  • Mempunyai sarana untuk memadamkan kebakaran.
  • Mempunyai sarana perlindungan untuk lingkungan.
  • Mempunyai rambu peringatan untuk pengunjung.
  • Mempunyai pagar yang menjadi pengaman.
  • Mempunyai lampu penerangan untuk kemudahan operasional di waktu
  1. Memiliki Lokasi Yang Cukup Strategis Dan Mudah Diakses

Selain beberapa persyaratan diatas, mitra harus memiliki lokasi yang dapat dilalui truk tangki milik Pertamina. Karena truk pengangkut tersebut memiliki berat yang mencapai 8.000 ton. Pastikan Jembatan dan jalanan di sekitarnya kuat untuk dilewati truk tersebut.

Simak Juga:  Sekolah Agribisnis Unggulan di Indonesia, Siapa Tahu Anda Tertarik

Dan yang paling penting lahan yang hendak dijadikan tempat SPBU tersebut berdiri, tidak boleh terlalu berdekatan dengan SPBU yang lain. Cukup strategis dengan dilalui banyak orang dan mempunyai instalasi listrik yang berada dalam kondisi yang bagus.

  1. Memiliki Modal Yang Ditentukan Oleh Pertamina

Untuk menjadi mitra franchise Pertamina hal yang paling penting tentunya adalah mempunyai modal yang sudah ditentukan. Karena modal yang digunakan untuk mendirikan SPBU ini cukup besar untuk fasilitas, lahan dan kebutuhan lainnya.

Untuk SPBU reguler modal yang diperlukan sekitar Rp 5 sampai dengan Rp 8 milyar. Sementara untuk Pertashop sekitar Rp 250 juta sampai dengan Rp 500 juta.

Ternyata cara berbisnis franchise POM Bensin Pertamina tidak sesulit yang dibayangkan. Asalkan sudah memiliki modal yang cukup, lahan yang strategis dan sarana prasarana yang dibutuhkan. Tinggal datang ke kantor langsung untuk mengurus prosedurnya.