Home Bisnis & Wirausaha Tips Jitu Ternak Kambing Tahun 2022

Tips Jitu Ternak Kambing Tahun 2022

48
SHARE
Bagaimana bisnis ternak kambing dapat menguntungkan bagi anda

Ingin membangun bisnis di tahun 2022 memang membutuhkan pertimbangan yang matang. Jika Anda ingin memulainya maka harus bisa menguasai apa saja ilmu mengenai bisnis yang akan dijalankan. Seperti ternak kambing, meski dilihat sekilas hanya urusan memelihara kambing, namun Anda harus menguasai semua hal mengenai bidang peternakan rumahan ini. Nah kali ini ada sejumlah tips terbaik jika Anda ingin beternak kambing.

Urusan beternak kambing memang bisa dikatakan gampang-gampang susah. Namun Anda harus memulai usaha ini dengan pandai dalam melakukan perawatan. Selain itu pakan dan kandang juga harus diperhatikan. Inilah tips jitu dalam memulai ternak kambing.

Tips Beternak Kambing

  1. Menentukan Jenis Kambing

Setiap peternak memang harus menentukan jenis kambing apa yang akan dijadikan pilihan. Sejauh ini di Indonesia sesuai dengan pasaran pembeli, kambing jenis etawa, garut, jawa dan domba bisa menjadi pilihan yang cocok. Selain sudah bisa beradaptasi bagus dengan iklim di Tanah Air, semua konsumen memang sering memilih jenis-jenis kambing ini.

Simak Juga:  4 Jenis Usaha Peternakan yang Cocok untuk Pemula

Sesuaikan dengan ramainya pasar jika Anda ingin beternak kambing. Karena kaitan eratnya dengan bagaimana nantinya Anda mudah dalam menjualnya kepada konsumen.

  1. Mempertimbangkan Kandang

Kandang menjadi salah satu hal yang juga harus diperhatikan. Usahakan letak kandang jauh dari permukiman penduduk karena kaitannya dengan bau kotoran kambing. Selama ini model kandang yang bagus, higienis dan jauh dari dampak penyakit adalah model kandang panggung.

Soal kandang, Anda juga harus memperhatikan kualitas cahaya, kelembaban dan kemudahan dalam membersihkan kotoran kambing.

  1. Pemilihan Pakan

Kemudian segi pakan kambing, memang menjadi faktor penentu kualitas kambing yang akan Anda jual ke konsumen. Silahkan temukan jenis pakan terbaik dan cocok untuk perkembangan tubuh peliharaan Anda ini. Budidayakan jenis-jenis tanaman yang disukai kambing atau sediakan jenis pakan alternatif.

Simak Juga:  3 Persiapan Memulai Budidaya Cacing Tanah

Saat ini pakan fermentasi dan silase bisa menjadi pilihan terbaik untuk menunjang nutrisi kambing. Semakin bagus dalam pemberian pakan maka kambing akan cepat besar dan segera bisa dijual.

  1. Menentukan Indukan Kambing

Beternak kambing juga harus memahami calon indukan. Dengan memilih indukan super atau berkualitas, maka anakan yang dilahirkan juga akan istimewa. Genetik yang bagus dan sama nanti akan semakin mudah dikenal konsumen. Jadi jika Anda mematok harga tinggi pun, konsumen tetap memilih kambing hasil dari ternak Anda tersebut.