Home Bisnis & Wirausaha Bisnis Kopi Sangat Menjanjikan

Bisnis Kopi Sangat Menjanjikan

1638
0
SHARE

Kopi, siapa yang tidak kenal dengan kopi, hampir setiap orang di dunia gemar meminum kopi. Hampir setiap orang menjadikan kopi sebagai minuman favoritnya. Hampir kita temukan di berbagai sudut kota terdapat kedai kopi, baik yang sudah memiliki brand atau hanya sekedar kedai kopi biasa. dan bisa terlihat semakin hari selalu ramai saja para pecinta kopi yang menikmati kopi tersebut. Tentu kopi menjadi bisnis yang sangat menjanjikan.

untuk bisa membuka usaha bisnis kopi kita bisa membuka kafe atau kedai kopi sederhana, karen pecinta kopi dari berbagai kalangan, mulai dari kalangan masyarakat menengah dan masyarakat atas. Tentu hal ini menjadi salah satu prospek bisnis yang sangat menjanjikan. untuk bisa memulai bisnis kopi, kita perlu mengetahui berbagai jenis kopi dahulu.

Jenis-Jenis Kopi

Bagi para penikmat kopi tentu sudah bisa mengenali dan membedakan jenis-jenis kopi dari berbagai negara, di indonesia sendiri memiliki kopi yang populer yaitu kopi Luwak. Kopi luwak indonesia sudah sangat mendunia dan sudah memiliki penikmat sendiri dari berbagai belahan dunia.

Untuk bisa memulai bisnis kopi, ada baiknya mengetahui jenis kopi baik kopi lokal ataupun kopi mancanegara. Kopi yang paling populer di berbagai dunia adalah jenis kopi arabika. Karena kopi arabika memiliki rasa yang khas. Selain arabika masih ada beberapa jenis kopi lainnya.

Macam-Macam Kopi

  • Kopi arabika
  • Kopi robusta
  • Kopi Luwak
  • Kopi liberika
  • Kopi excelsa
  • Kopi Kolombia
  • Kopi Lintong
  • Kopi Toraja
  • Kopi Kona

Membuka Kedai Kopi Sederhana

Saat ini yang menjadi tren dari bisnis kopi adalah membuka kedai kopi, karena sudah banyak orang yang sukses dan meraup keuntungan yang besar dari membuka usaha kedai kopi. Dalam membuka usaha kedai kopi itu tergantung dari modal yang kita miliki, kita bisa membuka kedai kopi dengan skala besar ataupun membuka kedai kopi sederhana. Kedai kopi sederhana saat ini sangat diminati karena keuntungan yang di dapat cukup menjanjikan. berikut adalah analisa membuka kedai kopi sederhana

Persiapan Analisa Modal
Tempat Usaha depan ruko-ruko yang tidak buka pada malam hari. Harga kisaran sewa mencapai 300 ribu – 1 juta perbulan.
Perlengkapan Tempat Meja 10 buah = Rp 150.000 x 10 = Rp 1.500.000
Karpet = Rp 500.000
Perlengkapan Barista Untuk meracik kopi secara manual, anda di sarankan untuk menggunakan dua metode, yaitu Vietnam Drip dan French Press. Anda bisa membeli alat Drip seharga Rp 175.000 dan untuk alat French Press dengan harga Rp 312.000
Perlengkapan Penyajian kisaran membeli perlengkapan penyajian sebesar Rp 1.000.000
Penyedia Kopi Rata-rata kopi dijual dengan harga Rp 80.000/200 gr. Jadi, jika anda membeli 10 jenis kopi maka uang yang anda keluarkan adalah sebesar Rp 800.000

Kopi Yang Dijual Di Kedai Kopi Sedrhana

Kedai kopi sederhana merupakan tempat yang paling strategis untuk menikmati kopi. Tak heran jika kedai kopi sederhana terlihat selalu ramai. Di kedai kopi sederhana ada beberapa jenis kopi yang di tawarkan, namun umumnya pecinta kopi yang mampir di kedai kopi sederhana biasa mencicipi kopi lokal dengan olahan tradisional ataupun kopi hitam racikan.

Kopi Bubuk Hitam

kopi-bubuk-hitamKopi bubuk hitam merupakan kopi yang biasa di jumpai di kedai kopi sederhana, banyak pecinta kopi yang menikmati kopi ini di kedai kopi, namun yang menjadi kenikmatan sendiri adalah racikan dan pengolahan dari kedai kopi tersebut.

Kopi Tubruk

kopi-tubrukKopi tubruk merupakan menu kopi favorit kalangan pecinta kopi. Karena dalam pengolahan biji kopi ini. dilakukan secara tradisional yaitu dengan cara di tubruk secara tradisional. Lebih nikmat saat di konsumsi saat masih panas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here