Home Info Agribisnis Budidaya Ikan Hias Air Tawar Dengan Aquarium

Budidaya Ikan Hias Air Tawar Dengan Aquarium

1674
0
SHARE

Dalam Menaungi bisnis budidaya ikan hias air tawar memang sangat menggiurkan dan sangat menjanjikan. karena dalam melakukan budidaya ikan hias ini sangat mudah dan tidak memerlukan modal yang sangat besar. Karena memiliki modal awal yang kecil sudah bisa menjual ikan hias air tawar dengan harga yang cukup menguntungkan.

Ikan hias air tawar lebih mudah dibudidayakan dibanding ikan laut. Teknologinya sederhana dan biayanya murah. Sehingga banyak dilakukan dalam skala usaha rumahan. Berbeda dengan ikan hias air laut yang memerlukan fasilitas padat modal.

Banyak sekali jenis ikan hias air tawar yang ada di pasaran. Mulai dari yang kecil hingga yang besar, dari yang harganya murah meriah sampai yang mahal. Diantara jenis-jenis ikan hias tersebut ada beberapa diantaranya paling mudah beranak di dalam aqiarium bahkan tanpa perawatan khusus. Kali ini saya akan kasih ulasannya untuk masbro dan mbaksis.

Jenis ikan hias yang paling mudah berkembang biak di dalam aquarium adalah sebagai berikut:

  1. Ikan platis
    Ikan Platis termasuk salah satu jenis ikan yang tidak memerlukan pemeliharaan khusus untuk bisa mengembang biakkannya. Aquarium yang cukup dan beberapa pasang ikan jantan dan betina sudah cukup untuk membuat ikan ini berkembang biak dengan sendirinya di dalam aquarium.
    Catatan: Jenis ikan Platis bermata merah, lebih sulit di kembang biakan daripada ikan platis yang memiliki mata berwarna hitam.
  2. Ikan Molly
    Ikan Molly juga termasuk salag satu ikan yang mudah dikembang biakkan di dalam aquarium, bahkan tanpa perawatan khusus sama halnya dengan ikan Platis. Bentuk badan ikan ini hampir mirip seperti ikan platis, hanya saja ekornya sedikit berbeda dan badannya cenderung lebih pendek dibandingkan dengan ikan platis.
  3. Ikan Molly Balloon
    Ikan Molly balloon adalah sejenis ikan molly yang memiliki bentuk badan yang lebih bulat dan terkesan gendut pada bagian perutnya. Ikan jenis ini juga sangat mudah berkembang biak di dalam aquarium tanpa perhatian lebih dan cara yang sulit. Sepasang ikan Molly Balloon bisa menghasilkan puluhan anak ikan saat usia dewasa. Biasanya seukuran jari kelingking atau memiliki panjang sekitar 2,5-3 cm.
  4. Ikan Guppy
    Ikan guppy adalah ikan terkecil diantara ikan-ikan yang saya sebutkan diatas. Jenis paling sering kita jumpai adalah jenis ikan Guppy yang hidup di Got/selokan. Biasanya disebut dengan ikan Cere. Bedanya: ikan Guppy hias memiliki warna yang cerah dan beragam serta ekor yang lebih lebar dan menarik. Ikan guppy jantan memiliki ekor yang besar dan lebar serta warna yang menarik dan cerah, sedangkan ikan guppy betina memiliki warna pucat dan ekor yang kecil serta perut yang terkesan gendut dan membulat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here