Home Info Agribisnis Budidaya Sawi Peluang Bisnis Menjanjikan

Budidaya Sawi Peluang Bisnis Menjanjikan

2806
0
SHARE

Sawi merupakan jenis sayuran yang sangat di minati di masyarakat indonesia. budidaya sawi merupakan peluang bisnis menjanjikan. karena permintaan pasar terhadap sawi sangatlah tinggi. selain itu dalam budidaya sawi sangat mudah dilakukan berbeda dengan jenis tanaman lain.

Selain itu tanaman sawi memiliki banyak kandungan gizi. Sawi memiliki beberapa jenis sawi yaitu sawi hijau, sawi putih, dan sawi manis. Namun yang biasa dibudidayakan oleh masyarakat adalah jenis sawi hijau. Untuk budidaya sawi saat ini bisa di lakukan di dalam polybag ataupun dilahan yang luas.

Cara Menanam Sawi

Sawi saat ini sangat mudah untuk di budidayakan karena sawi termasuk jenis tanaman yang bisa subur di indonesia. banyak yang perlu dilakukan sebelum melakukan budidaya sawi. Karena teknik saat penanaman sawi sangat diperlukan agar sawi dapat tumbuh sehat dan menghindari gagal panen.

Dalam proses penanaman sawi memiliki beberapa tahapan. Penanaman sawi dalam polybag atau tanah biasa sama saja, proses tahapan dan cara yang dilakukan masih sama. Berikut adalah tahapan dalam menanam sawi.

Langkah Dalam Budidaya Sawi

  • Persiapan lahan
  • Pembibitan Sayuran Sawi
  • Penanaman Sayuran Sawi
  • Penyiraman tanaman sawi
  • Pemupukan
  • Perawatan Sayuran Sawi
  • Pencegahan Hama Sayuran Sawi
  • Proses Panen Sawi

 

Budidaya Sawi dalam polybag

Saat ini budidaya sawi sangat mudah dilakukan, yang paling banyak dilakukan adalah dengan menggunakan media polybag. Selain sangat mudah budidaya sawi menggunakan polybag pun sangat menajnjikan karena hasil yang dihasilkan cukup baik. Berikut adalah langkah cara budidaya sawi dalam polybag.

Persemaian sawi Penanaman sawi
Siapkan polybag dengan ukuran diameter 15 cm atau kurang Siapkan polybag dengan ukuran diameter 15 cm atau kurang
Isi polybag dengan tanah humus yaitu “HUMUS DAUN”. Isi polybag dengan tanah humus yaitu “HUMUS DAUN”
Semaikan biji sawi di dalam satu polybag. Benih sawi yang akan diusahakan harus dipilih yang berdaya tumbuh baik. Biji sawi sudah banyak dijual di toko-toko pertanian. Sebelum ditanam di lapangan Cabut bibit sawi dari persemaian, hari – hati karena akar tidak boleh putus.
Lakukan penyiraman setiap hari yaitu pagi dan sore hari. Bibit sawi dapat ditanam setelah berumur 3 – 4 minggu setelah penyemaian biji sawi Gali lobang dengan jari kemudian tanam bibit sawi. Dalam satu polibag dapat ditanam 3-5 bibit sawit
Lakukan penyiraman setiap hari yaitu pagi dan sore hari
Setiap minggu berikan kompos sebagai pupuk organik

Jenis Sawi Untuk Buidaya

Sawi memiliki beberapa jenis yang dapat dibudiaya, namun yang sering dibudidayakan adalah jenis sawi hijau dan sawi manis. Karena kedua jenis sawi tersebut sangat disukai oleh masyarakat indonesia. berikut adalah jenis-jenis sawi.

Sawi Hijau

sawi-hijau-agribisnisJenis sawi ini merupakan jenis yang paling populer di budidayakan. Sawi hijau memiliki ciri-ciri batang pendek, daun berwarna keputih-putihan, dan juga memiliki rasa pahit. Sawi hijau bisa hidup di suhu yang normal

Sawi Putih

sawi-putih-agribisnisSawi putih salah satu sawi yang paling sering dijumpai di pasaran. Sawi ini memiliki ciri ciri bentuk bunga berwarna kuning cerah, daun berwarna hijau mudah hingga tua, dan batang yang pendek. Tanaman sawi ini dapat di budidayakan di dataran rendah dan dataran tinggi

Sawi Jepun

sawi-jepun-agribisnisSawi jepun merupakan jenis sayuran sawi yang banyak di budidayakan di wilayah tertentu. Tanaman ini memiliki batang pendek berwrna putih, pangkal daun bergaris atau mengkerut kebawah.

Sawi Pahit

sawi-pahit-agribisnisSaawi pahit merupakan salah satu jenis tanaman sawi terakhir yang paling populer di indonesia. Tanaman ini selain populer juga memiliki daya jual yang sangat tinggi dan juga mudah di budidayakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here