Home Info Agribisnis Cacing Tanah, si Menggelikan yang Berpotensi Bisnis Besar

Cacing Tanah, si Menggelikan yang Berpotensi Bisnis Besar

1627
0
SHARE

Cacing merupakah hewan yang menggelikan bagi sebagian orang hal ini disebabkan karena mereka merupakan makhluk yang tidak memiliki tulang belakang selain itu hewan ini memiliki gerakan yang membuat banyak orang begidik ketika melihatnya. Akan tetapi cacing tanah merupakan sesuatu yang memiliki nilai potensi yang tinggi. Jika anda ingin memulai usaha ternak cacing seperti salah satunya ternak cacing sutra anda bisa mengikuti beberapa pedoman teknis dalam memulai usaha ternak cacing.

Persiapkan Alat dan bahan

Setiap hewan yang akan dibudidayakan membuatuhkan lokasi peternakan, begitu pula dengan cacing tanah. Ketika akan memulai usaha ternak cacing maka persiapkan kandang cading tanah. Kandang ini berukuran 1.5 x 18 x 0.45 m dan bisa terbuat dari bahan bahan yang murah seperti bambu, papan bekas, genteng dan bakan bahan lain yang mudah didapatkan.

Pembibitan

Lakukan pembibitan dengan membeli indukan dari peternak lain atau dari lokai yang berpotensi. Cara pembibitannya juga cukup mudah. Setelah mengambil atau membeli bibit, anda bisa melakukan pemeliharaan di suatu bak, tunggu hingga jumlahya bertambah kemudian pindahkan bibit ke bak lain.

Pemeliharaan

Untuk memasukkan ke bak lain, ada teknik tersendiri, anda harus memasukkan cacing sedikit demi sedikit secara berkala, hal ini digunakan untuk mengamati cacing tersebut apakah betah di dalam tanah atau tidak. Jika tidak terlihat cacing di permukaan atau tidak ada cacing yang meninggalkan bak maka dapat dipastikan media di bak tersebut merupakan media yang cocok untuk cacing.

Untuk memulai usaha ternak cacing tidak dibutuhkan banyak tenaga dan biaya selain itu juga mudah dan menghasilkan keuntungan yang besar karena memiliki potensi pasar yang tinggi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here