Cara Budidaya Lebah Madu Di Pekarangan Rumah

Cara Budidaya Lebah Madu Di Pekarangan Rumah

2760
0
SHARE

Lebah yang biasanya sering kita hindari karena takut akan sengatannya, sebenarnya mampu kita berdayakan hingga bisa memberikan hasil yang bisa memberikan tambahan penghasilan. Tentu saja penghasilan ini didapat dari madu yang diproduksi secara alami oleh para lebah.

ternak-lebah-maduUntuk membudidayakan lebah ini hingga bisa menghasilkan, kita bisa memanfaatkan pekarangan rumah yang mungkin masih kosong. Jadi tidak harus selalu menggunakan lahan yang besar dan luas, namun secukupnya saja asalkan kita bisa memberi asupan bagi lebah secara benar.

Persiapan tempat
Hal pertama yang harus dilakukan ketika ingin memulai beternak lebah ini, Anda harus bisa membuat sebuah kandang yang akan menjadi tempat dari sekumpulan atau kerajaan lebah. Biasanya satu kotak yang bagus bisa menjadi sebuah kerajaan lebah dengan dipimpin oleh satu orang ratu.
Untuk pembuatan kotak-kotak untuk lebah ini, Anda harus melakukan beberapa hal berikut ini:
Buat sebuah kotak dengan ukuran sekitar 35 cm untuk ketinggian, 18 cm untuk lebar sisinya serta 8 cm untuk panjangnya,
Beri lubang seukuran 6×1 cm pada bagian sisi-sisi yang berukuran 18 cm sebagai tempat untuk keluar masuk lebah,
Berikan juga alas pada rumah lebah tersebut sebagai sarana untuk membersihkan kandangnya pada suatu saat, Setelah rumah lebah jadi, tinggal memasukkan saringan dari kayu dan juga rangkaian tali atau kawat yang telah dibuat sebelumnya, dengan cara yang agak renggang satu sama lain.

Ketersediaan asupan makanan lebah yang tepat
Karena seperti kita ketahui bahwa lebah sangat menyukai sari pati dari bunga-bunga, maka ada baiknya di sekitar lokasi rumah lebah tersebut Anda tanaman dengan beberapa tumbuhan berbunga yang sangat disukai oleh lebah seperti misalnya:
Bunga kopi ternyata mengandung banyak nactar, dimana nactar inilah yang akan diasup oleh para lebah hingga mampu menghasilkan madu,
Bunga rambutan, karena rasa rambutan yang biasanya manis dan mudah berkembang, maka sudah pasti bunga rambutan akan sangat tepat untuk menjadi sumber makanan para lebah, Bunga sono atau randu, juga biasanya sangat bagus untuk lebih membuat para lebah giat lagi untuk melaksanakan tugas-tugasnya, Selain itu juga ada bunga karet, tembakau, kangkung atau bunga kangkung yang bisa memberikan banyak asupan kepada Anda.

Proses pengelolaannya
Proses pengelolaan lebah madu hingga menjadi sebuah sumber penghasilan juga wajib diperhitungkan secara tepat. Berikut ini proses dan pengelolaan lebah madu hingga bisa dipanen secara cepat, sehingga Kita bisa memilih lebah ratunya untuk kemudian dipotong sayapnya supaya tidak bisa lagi terbang, yang bisa berdampak pada migrasi besar-besaran lebah, Mengingat lebah hidup secara berkoloni dengan satu ratu yang akan selalu diikutinya, maka bila disitu terdapat dua ratu, harus dipindah salah satunya bersama koloninya, Dalam hitungan bulanan, saringan dalam rumah tawon yang berisi madu tersebut akan segera dipanen untuk bisa diambil madunya. Biasanya panen awal dari sebuah rumah lebah adalah selama 3 bulan, setelah itu Anda akan bisa memanennya setiap satu bulan sekali,

Setelah proses pengambilan madu dilakukan, maka Anda tetap harus bisa memberikan asupan makanan terbaik untuk para lebah sehingga tetap bisa memproduksi secara berkelanjutan.

Itulah beberapa cara budidaya seorang peternak lebah madu yang mampu menghasilkan keuntungan atau pendapatan yang bisa digunakan untuk menutupi kebutuhan sehari-hari mereka. Bila ternyata Anda masih kesulitan untuk melakukan budidaya ini, maka disarankan untuk berkonsultasi dengan para ahli yang sudah melakukan budidaya lebah madu ini dengan sukses.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY