Home Info Agribisnis Cara Tepat Kembangkan Budidaya Ikan Koki

Cara Tepat Kembangkan Budidaya Ikan Koki

855
0
SHARE

Ikan koki? Siapa yang tidak kenal dengan jenis ikan ini, jenis ikan ini sudah cukup terkenal di indonesia sebagai ikan hias. Karena bentuk dan warnanya yang lucu ikan koki menjadi primadona bagi setiap kalangan pecinta ikan hias. Namun di balik bentuknya yang lucu, ikan koki memiliki nilai ekonomis yang tinggi. selain itu ikan koki bisa menjadi salah satu peluang dalam berbisnis ikan koki.

Ikan koki masih di buru di pasaran, sehingga membuka bisnis ikan koki bisa menjadi peluang untuk mendapatkan keuntungan. kita bisa dengan membuka bisnis budidaya ikan koki. Selain itu dalam proses budidaya ikan koki terbilang masih sangat mudah. Berikut adalah akan kami berikan cara budidaya ikan koki.

Cara Mudah Budidaya Ikan Koki

Siapkan Akuarium

Akuarium bisa menjadi media untuk melakukan budidaya ikan koki. Agar hasil maksimal, sediakan akuarium berukuran 80cm x 40 cm x 40 cm. selain itu persiapkan setidaknya 4 akuarium. Dalam pengisian air akuarium, jangan terlalu penuh seukuran akuarium.

Simak Juga:  Aceh Gencar Pacu Upsus Siwab

Memilih Indukan Ikan Koki

Sebelum melakukan budidaya ikan koki, ada baiknya memilih indukan ikan koki terlebih dahulu. Usahakan memilih indukan yang baik dan berkualitas. Indukan koki yang siap di pijah kira kira memiliki panjang sekitar 7 Cm. jika anda ingin mendapatkan benih larva yang berwarna-warni, maka harus menggunakan Indukan dengan warna polos

Pemijahan Ikan Koki

Setelah Akuarium terisi air, langkah selanjutnya adalah dengan melakukan pemijahan jumlah ikan koki betina harus lebih banyak jumlah dari koki jantan. Proses pemijahan ikan koki terbilang mcukup lama. Karena akan ada aksi kejar kejaran antara indukan betina dan jantan sebelum melakukan perkawinan. Setelah proses kawin, induk ikan akan cepat mengeluarkan telur dan sperma nya. Jika sudah ada yang menetes, kita perlu dengan cepat untuk memindahkan telur tersebut. Karena induk koki cendrung akan memakan telurnya sendiri.

Simak Juga:  Aceh Gencar Pacu Upsus Siwab

Proses penetasan Telur

Penetasan telur ikan koki akan berlangsung sekitar 2 hari. Hindari pembusukan telur yang  terjadi akibat tidak ada pembuahaan dari telur yang di teteskan. Kita juga perlu melihat kualitas air  dan juga suhu dalam akuarium suhunya hanya boleh berkisar antara 24 sampai dengan 28 drajat celcius.

Pemeliharaan Dan Pembesaran

Setelah berhasil menetas, langkah selanjutnya adalah dengan melakukan pemeliharaan dan pembesaran ikan koki. Pembesaran ikan koki setelah benih berusia 1 bulan selain itu dalam pembesaran usakan akuarium terkena sinar matahari dan pemberian pakan bisa menggunakan cacing rambut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here