Home Bisnis & Wirausaha Ciri-Ciri Konsumen Potensial Yang Harus Anda Ketahui

Ciri-Ciri Konsumen Potensial Yang Harus Anda Ketahui

161
0
SHARE

Ketika anda melakukan bisnis apapun, tentu anda membutuhkan konsumen / pelanggan yang rela menukarkan uangnya untuk membeli produk / jasa yang anda tawarkan. Bagi sebagian besar pebisnis pasti belum paham bagaimana ciri-ciri konsumen potensial yang bakal membeli produk atau jasa yang kita tawarkan. Konsumen potensial artinya mereka memiliki niat untuk membeli produk dari bisnis kita, sehingga kita tidak boleh kehilangan konsumen tersebut.

Ciri-cirnya seringkali kita jumpai pada saat kita berada di pasar-pasar tradisional, namun hal ini juga berlaku untuk bisnis apapun, baik online maupun offline.

  • Aktif Bertanya

Salah satu ciri utama yang akan terlihat pada konsumen potensial adalah aktif bertanya. Mereka akan sering bertanya kepada anda tentang produk yang diminatinya (yang ingin dia beli / gunakan). Mungkin saja pertanyaan tersebut sudah sangat lazim, namun mereka tetap bertanya untuk memastikan.

Jika anda tidak menanggapi pertanyaan tersebut, biasanya konsumen akan langsung pergi dan mencari penyedia lainnya. Jadi, kenali ciri tersebut, dan bersikaplah ramah sampai mereka mengambil keputusan untuk membeli / menggunakan produk anda.

  • Membandingkan Produk

Seringkali, baik di pasar online maupun offline, para konsumen akan membandingkan beberapa produk sekaligus dengan produk anda, kemudian memilih yang terbaik diantaranya.  Jadi, sebisa mungkin jelaskan dengan terperinci dan menarik seluruh kelebihan maupun kekurangan produk yang anda tawarkan tanpa berbohong sedikitpun.

Konsumen harus benar-benar mengetahui kelebihan, kekurangan, serta fitur produk sebelum memutuskan untuk membeli. Jangan sampai setelah konsumen membeli produk, mereka kecewa dengan perbedaan antara penjelasan anda dengan barang aslinya.

  • Pahami Seluk Beluk Produk Anda

Baik produk barang ataupun jasa, sebagai seorang pebisnis tentu saja anda harus memahami seluruh karakteristiknya. Jadi, jangan sampai memberikan penjelasan yang salah kepada konsumen. Karena biasanya konsumen sudah lebih dulu mencari dan membaca beberapa referensi tentang produk tersebut sebelum membelinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here