Home Investasi Ekspor Ekspor Kopi Indonesia Ke Arab Saudi Semakin di Genjot

Ekspor Kopi Indonesia Ke Arab Saudi Semakin di Genjot

350
0
SHARE
informasi ekspor kopi ke arab hari ini

Indonesia sudah lama dikenal sebagai negara pengekspor kopi. Kopi asal Indonesia pun sudah banyak diekspor keberbagai negara. Kopi Indonesia biasanya diekspor ke wilayah Eropa, Amerika dan Asia. Namun kini Indonesia akan fokus untuk menggenjot ekspor kopi ke Arab Saudi karena nilai ekspor ke Arab masih sangat kecil. Sementara itu masih memiliki potensi untuk ditingkatkan

Ditahun 2016, Indonesia mengekspor kopi ke Arab senilai 102.000 USD atau sekitar 0.6296% suplai kopi dunia yang mencapai 161.93 juta USD. Angka tersebut masih jauh dibawah China sebesar 3.15 juta USD, Vietnam 507.00 USD, Korea Selatan 138.000 USD dan Thailand 106.000 USD.

Seperti diketahui, Indonesia merupakan negara penghasil kopi terbesar ke 4 didunia setelah Brasil, Vietnam dan Kolumbia dengan total produksi mencapai 739.000 ton atau 8,9% total produksi dunia. Kopi jenis Arabica dan Robusta asal Indonesia sudah cukup terkenak dimancanegara.

Saat ini Kopi Arabica dan Robusta asal Sumatera sudah masuk ke pasar Arab Saudi melalui perusahaan multinasional Starbuck. Jadi masyarakat Arab sudah bisa mengenal rasa kopi khas Indonesia. Sebelumnya, masyarakat Arab Saudi terbiasa dengan rasa kopi Harari dari Ethiopia.

Konsulat Jenderal RI Jeddah berusaha keras untuk bisa mendorong Tim Ekonomi dan Perdagangan KJRI Jeddah agar semakin gencar lagi mempromosikan kopi asli Indonesia. Mengingat peluang ekspor kopi ke Arab sangat besar. Sebab selama ini Arab masih gencar mengimpor Kopi. Sehingga diharapkan kopi Indonesia bisa masuk dalam jumlah besar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here