Home Investasi Ekspor Ekspor Kopi Masih Terkendala Harga

Ekspor Kopi Masih Terkendala Harga

900
0
SHARE

Saat ini ekspor kopi indonesia hingga Maret 2016 masih belum mengalami peningkatan. Dan dinilai masih belum cukup menjanjikan hal tersebut dipengaruhi oleh harga kopi yang masih rendah di pasar internasional dan produksi yang masih sangat ketat, sehingga cukup membatasi ekspor kopi indonesia terutama kopi Sumatera. Meskipun begitu harga kopi di pasar internasional sudah mengalami pergerakan tapi di anggap masih belum sepadan dengan harga kopi lokal.

Saat ini harga kopi lokal yang siap ekspor mencapai harga Rp 60 ribu per kilogram sedangkan harga jual ke luar negeri kalau dirupiahkan sebesar Rp63 ribu per kilogram. Ini yang membuat ekspor kopi Indonesia belum menjanjikan. sementara itu hal yang mempengaruhi harga kopi lokal adalah dari tanaman kopi yang belum memasuki masa panen dan juga dampak krisis global dan stok yang masih ada di tangan pabrikan atau pedagang internasional meski sudah mulai menipis.

Simak Juga:  Ekspor Rumput Laut Nasional Mengalami Kenaikan Permintaan

Yang mampu mendongkrak ekspor kopi indonesia adalah meningkatkan kualitas kopi di dalam negri karena sudah bisa terlihat permintaan pasar internasional terhadap kopi indonesia sudah cukup tinggi. saat ini kopi Indonesia masih dijadikan pencampur utama kopi ternama di dunia karena dinilai memiliki rasa dan aroma yang khas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here