Home Investasi Impor Impor bawang Putih indonesia meroket pada bulan lalu

Impor bawang Putih indonesia meroket pada bulan lalu

712
0
SHARE

Pada bulan juni 2016 impor komoditi seperti bawang dan singkong mengalami lonjakan. Hal tersebut di sampaikan juga oleh Badan Pusat Statistik (BPS) yang mencatat bahwa pada bulan tersebut jumlah impor singkong mencapai 5.056 ton atau setara US$ 986.107. impor ini sangat naik drastis dari bulan sebelumnya. mengingat bulan juni kemarin memasuki bulan puasa.

Sementara itu jumlah impor bawang putih mencapai 58.408 ton atau US$ 49,2 juta. Jumlah ini juga mengalami peningkatan dari bulan sebelumnya. saat ini pemerintah berencana akan menekan impor komoditi tersebut. Walaupun tidak menutup kemungkinan saat ini indonesia memang masih membutuhkan stock bawang putih, namun pemerintah akan melakukan pengurangan impor.

Saat ini pemerintah telah membuka sistem program pembukaan lahan baru seluas 1.000 ha. Porgram ini khsusu untuk petani bawang. Dengan begini di harapkan petani bawang bisa meningkatkan jumlah produksi nya sehingga indonesia tidak mengandalkan impor lagi. Selain itu kementan juga mendorong untuk mengembangkan pertanian bawang putih dalam negeri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here