Home Info Agribisnis Ini Jenis Penyakit Yang Biasa Muncul Pada Ternak Sapi

Ini Jenis Penyakit Yang Biasa Muncul Pada Ternak Sapi

2209
0
SHARE

Memiliki ternak sapi bukan perkara yang mudah dalam merawatnya. Berbagai masalah akan muncul dan terjadi pada hewan ternak salah satunya adalah penyakit yang bisa menyerang ternak sapi. Tentu nya jika hewan ternak sudah terserang penyakit kita akan mendapat kerugian. Kenali penyakit penyakit yang biasa terjadi pada hewan ternak sehingga anda bisa meminimalisir masalah itu.

Penyakit Yang Biasa Menyerang Hewan Ternak

  • Infectious Bovine Rhinotracheitis (IBR)
    Penyakit ini termasuk jenis penyakit yang menular dan disebabkan oleh virus dapat menyerang alat pernapasan dan alat reproduksi sapi. Sapi yang terserang penyakit ini biasanya di tandai dengan gejala demam yang tinggi ± 42°C. nafsu makan menurun dan dijumpai leleran hidung, hipersalivasi, produksi air susu menurun disertai dengan kekurusan.
  • Brucellosis
    Brucellosis termasuk juga penyakit ternak yang menular yang biasa menyerang sapi, kambing dan berbagai jenis hewan ternak lainnya. Pada ternak sapi biasanya dikenal sebagi Kluron. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi yang menular. Penyakit ini bisa menyebabkan keguguran dan juga kerugian ekonomi bagi para peternak.
  • Bovine viral diarrhea (BVD)
    BVD merupakan penyakit yang biasa terjadi pada ternak sapi yang disebabkan oleh virus BVD. Penyakit ini sangat mudah ditularkan dianatara sapi. Biasanya terjadi karena infeksi setelah melahirkan yang bersifat non klinis. peningkatan temperatur biphasic (terjadi dua kali peningkatan suhu badan) dan leukopenia yang diikuti peningkatan zat kebal/antibodi yang dapat dideteksi dengan uji serum netralisasi.
  • Anthrax
    Penyakit ini merupakan penyakit menular akut yang biasa terjadi pada sapi. Penyakit ini biasanya terjadi akibat akteria Bacillus anthracis dan sangat mematikan dalam bentuknya yang paling ganas. Penyakit ini sangat mematikan dalam bentuknya yang paling ganas. Penyakit ini umumnya disertai juga dengan bakteriemia pada kebanyakan hewan.
  • Salmonellosis
    Penyakit ini biasa menyerang sapi yang disebabkan oleh infeksi bakteri salmonella. Sapi yang terserang penyakit ini akan mengalami peradangan usus dan invasi organisme ke dalam aliran darah menyebabkan septisemia. Salmonellosis pada sapi di Indonesia ditemukan di mana-mana. Penularan salmonellosis terjadi melalui pakan atau minuman yang tercemar dengan tinja dari ternak yang terinfeksi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here