Home Investasi Kaltim Pastikan Tidak Akan Kekurangan Stok Sapi Kurban

Kaltim Pastikan Tidak Akan Kekurangan Stok Sapi Kurban

642
0
SHARE

Menjelang idul adha, para peternak hewan kurban di berbagai daerah di indonesia sudah memastikan stok hewan kurban. Begitu juga di Samarinda, Pemerintah Prov Kalimantan timur telah melakukan koordinasi dengan peternak dan juga pedagang terkait pelakasaan idul adha, Pemprov Kaltim sudah mempersiapkan setidaknya 11.592 sapi  untuk kebutuhan idul adha 1437 Hijriah. Jumlah tersebut bisa dikatakan sudah di atas permintaan. Karena jika di hitung,dengan jumlah sapi tersebut jika sudah menjadi daging bisa mencapai 1.820 ton daging segar. Hal tersebut di sampaikan secara langsung oleh Kepala Dinas Peternakan Provinsi Kalimantan Timur.

Jumlah sapi kurban yang tersedia sudah di persiapkan agar bisa memenuhi kebutuhan masyarakat selama perayaan idul adha. Saat ini stok hewan kurban kaltim masih melimpah dan jauh dari perkiraan yang di butuhkan masyarakat. Di prediksi kebutuhan hewan kurban di kalimantan timur sekitar 11.303 ekor, atau setara dengan 1.775 ton daging segar. Saat ini dengan jumlah stok yang tersedia artinya, Kaltim memiliki kelebihan stok sekitar 288 ekor sapi atau setara dengan 45 ton. namun jumlah sapi yang tersedia masih di sediakan oleh pasokan sapi di luar daerah di karenakan stok sapi dari peternak lokal masih belum bisa untuk mencukupi kebutuhan sapi di Kaltim.

Dari total 100%, peternak sapi lokal hanya bisa memenuhi sekitar 27,30% dari total kebutuhan masyarakat. Selebihnya yang mencapai 72,70% harus didatangkan dari luar. Saat ini yang menjadi tangtangan bagi Pemprov Kaltim adalah, harus bisa menambah produksi sapi dari peternak lokal, karena saat ini Kaltim masih mengandalkan sapi dari luar daerah . oleh sebab itu Pemprov kaltim terus mendorong peternal lokal untuk bisa menambah produksi sapi nya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here