Home Bisnis & Wirausaha Kemkop Kembangkan Kampung UKM Digital

Kemkop Kembangkan Kampung UKM Digital

146
0
SHARE

Sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di tanah air terus mengalami pertumbuhan yang positif. hal ini tentu menjadi kekuatan untuk ekonomi daerah dan juga nasional. Sektor UKM tidak bisa tumbuh sendiri, mereka perlu peranan dari pemerintah agar bisa mendongkrak produktifitas sehingga mampu menjadi pilar ekonomi bangsa.

Memanfaatkan tren e-commerce yang semakin meningkat di Indonesia membuat Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) akan membangung Kampung UKM Digital. Sesuai dengan perjanjian kerja sama yang sudah disepakati dengan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, Kampung UKM Digital akan dibangun di 49 Pusat Latihan Usaha Terpadu (PLUT-KUMKM). Sampai saat ini sudah ada 25 kampung UKM Digital yang sudah dibangun, dan 24 sisanya masih dalam proses

Dukungan yang diberikan untuk kampung UKM Digital antara lain menyediakan sarana prasarana, pusat pelatihan IT seperti Broadband Learning Center, memberikan fasilitas akses teknologi informasi ke sentra UKM berupa internet gratis selama 1 tahun dan juga memberikan pelatihan serta pendampingan KUMKM.

Kampung UKM Digital ini akan berperan untuk memperkuat peran konsultan pendamping PLUT-KUMKM dalam memberikan pelayanan dalam bidang perluasan akses pasar. Kampung UKM Digital ini nanti akan menyebar dibeberapa daerah di Indonesia

Diharapkan dengan keberadaan kampung UKM Digital ini bisa mendongkrak pertumbuhan UKM ditanah air. Mengingat saat ini sektor UKM memiliki peranan dalam meningkatkan ekonomi nasional.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here