Home Info Agribisnis Langkah Kementan Atasi Harga Daging & Telur Ayam

Langkah Kementan Atasi Harga Daging & Telur Ayam

205
0
SHARE

Kementerian Pertanian dalam beberapa waktu lalu sudah mengeluarkan sebuah Surat Keputusan Menteri Pertanian Republik Indonesia dengan Nomor 3035/Kpts/PK010/F/03/2017 mengenai Pengurangan DOC FS Jantan Layer, DOC FS Broiler, serta FS Ayam Layer tertanggal 29-3-2017.

Langkah ini dilakukan dalam mengatasi permasalahan dalam sektor perunggasan dalam kawasan Indonesia waktu ini, usai juga adanya kabar penurunan harga dalam produk ayam hidup (broiler & jantan layer) disamping juga penuruan harga telur yang ada di bawah harga pokok produksi.

“Ini salah satu kebijakan pemerintah dalam menata bisnis perunggasan yang ada di Indonesia, ini sebagai angkah manajemen pasokan (supply management). Pemerintah akan bekerjasama dengan pihak Tim Analisis dan juga Tim Asistensi perunggasan dan akan melakukan pertimbangkan dalam kondisi pasar, ini akan mampu mengatur over supply usai harga bibit memang tengah dalam masa naik turun,” kata I Ketut Diarmita selaku Dirjen PKH ke media.

Dalam mencari solusi di kasus perunggasan disisi hulu, saat ini Kementan akan melakukan 7 langkah semisal; dikeluarkannya Permentan Nomor 61 Tahun 2016 mengenai Penyediaan, Peredaran, serta juga Pengawasan Ayam Ras, dibentuknya Tim Analisis, Tim Pengawas dan juga Tim Asistensi ini untuk mendukung program Permentan Nomor 61 Tahun 2016, kemudian juga melakukan analisis daging serta telur ayam ras, yang terakhir adalah pertemuan bersama stakeholder usai adanya dinamika perunggasan dalam kawasan nasional kali ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here