Home Info Agribisnis Membuat Pakan Sapi Alternatif yang Lebih Murah dan Bergizi

Membuat Pakan Sapi Alternatif yang Lebih Murah dan Bergizi

2914
0
SHARE

Untuk pemberian pakan sapi yang optimal agar sapi cepat gemuk, Anda dapat membuat pakan sapi alternatif yang lebih ekonomis. Dalam beternak, pemberian pakan dalam manajemen budidaya merupakan salah satu bagian penting dengan biaya yang paling besar. Oleh karena itu, dengan pembuatan pakan alternatif, diharapkan mampu menekan biaya. Walaupun bersifat alternatif, namun di dalam pakannya semua kebutuhan gizi dari sapi tetap terpenuhi secara optimal. Sehingga, sapi tetap bisa tumbuh dengan baik, sehat, dan gemuk.

Pakan Sapi Alternatif yang Menyehatkan

Selain itu, adanya pakan sapi alternatif juga merupakan salah satu solusi atau cara yang bermanfaat dalam mengatasi ketersediaan pakan sapi yang saat ini semakin terbatas. Melalui pakan alternatif, Anda bisa mendapatkan sapi yang beratnya sesuai target. Namun, untuk hasil yang maksimal dan sempurna tetap perhatikan juga manajemen pakan serta perawatan sapi tersebut baik untuk perkandangan maupun pencegahan penyakitnya.

Jika biasanya dalam memberikan pakan konsentrat Anda memberikan pakan dengan bahan dedak, tepung tulang, atau bungkil kelapa mineral yang harganya sering mengalami kenaikan, maka dengan pakan alternatif ini Anda cukup menggunakan sagu atau barang rumbia. Bahan untuk pakan konsentrat yang harganya jauh lebih murah. Kandungan karbohidratnya jauh lebih baik dan lebih tinggi dibandingkan dengan dedak. Anda cukup mengupas batang rumbia tersebut. Kemudian hancurkan hingga menjadi bagian yang kecil-kecil dan rendam kira-kira sehari. Pakan sapi alternatif hasil rendaman pun bisa Anda berikan.

Simak Juga:  Aceh Gencar Pacu Upsus Siwab

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here