Mentan Pastikan Stok Beras Tahun ini Masih Aman

Mentan Pastikan Stok Beras Tahun ini Masih Aman

165
0
SHARE

Menteri Pertanian, Amran Sulaiman mengatakan bahwa Stok beras dalam negeri sampai saat ini masih dalam tahap aman. Pihaknya sangat optimis, Stok beras nasional di Tahun 2017 akan mengalami peningkatan. Hingga kini, stok beras yang ada di Perum Bulog sekitar 1,7 juta ton hingga 1,8 juta ton. Mentan juga mengklaim bahwa pasokan saat ini dua kali lebih tinggi jika dibandingkan dengan pasokan tahun lalu yang hanya sekitar 800 ribu ton dan tahun ini pasokan mencapai 1,7 juta ton stok bulog.

Kementerian Pertanian akan menambah jumlah stok beras dari sejumlah wilayah lumbung padi yang saat ini sudah masuk dalam masa panen. Penambahan stok beras tersebut masih didominasi dari pulau Jawa yaitu, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Simak Juga:  Bank Bukopin Berikan Fasilitas Pembayaran Petani ke TaniHub

Hasil panen dari wilayah tersebut akan di salurkan ke wilayah Kalimantan dan Sumatera. Sebab gudang beras di Jawa Barat dan Jawa Tengah sudah tidak bisa untuk menampung stok beras. Untuk sekali pengiriman beras ke Kalimantan dan Sumatera, biasanya sekitar 50.000 hingga 100.000 ton.

Kapasitas gudang di Jawa Tengah 1,3 juta ton, Jawa Barat 1,3 juta ton, dan Jawa Timur 1,5 juta ton. Saat ini Mentan akan fokus untuk menambah stok beras karena beberapa daerah sudah masuk masa panen

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY