Home Info Agribisnis Pasokan Ayam Kampung Lokal Masih Jauh Dari Permintaan Pasar

Pasokan Ayam Kampung Lokal Masih Jauh Dari Permintaan Pasar

209
0
SHARE

Pada bulan Ramadhan tahun 2017 harga ayam kampung mengalami kenaikan. Pada bulan puasa tahun sebelumnya, harga ayam kampung berada dikisaran Rp 36 ribu perkg. Sementara itu ditahun ini naik menjadi Rp 40 ribu perkg. Walaupun naik, namun penjualan ayam kampung selama puasa mencapai 3.5 juta ekor. Angka tersebut naik 27% dibandingkan tahun sebelumnya.

Ade M Zulkarnain, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Peternak Nasional mengatakan, harga ayam kampung tidak terlalu berubah sebab segmen ayam kampung masih terbatas. Pasca lebaran, harga ayam kampung masih berada dikisaran Rp 40 ribu perkg. Saat ini stok ayam kampung sedang kosong. Ia juga menambahkan, Pasokan ayam kampung dinilai masih kurang jauh dari permintaan.”Ucapnya”

Kontribusi ayam lokal dalam memenuhi kebutuhan ayam nasional baru sekitar 6%. Hal tersebut karena masih minimnya pembibitan ayam kampung di Indonesia. Dari kebutuhan 100 juta ekor selama setahun, bibit yang bisa dipenuhi hanya 40%.

Kurangnya bibit ayam lokal karena masih sedikitnya pelaku usaha pembibitan ayam di Indonesia. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi, salah satunya adalah modal yang besar bagi usaha pembibitan ayam lokal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here