Home Bisnis & Wirausaha Prospek Menjanjikan Dari Bisnis Cacing

Prospek Menjanjikan Dari Bisnis Cacing

3936
0
SHARE

Cacing!! Siapa yang tak kenal dengan hewan yang satu ini. di mata sebagian orang cacing masih di anggap sebagai hewan yang menjijikan. hewan ini memiliki gerakan yang membuat banyak orang begidik ketika melihatnya. Akan tetapi cacing merupakan sesuatu yang memiliki nilai potensi yang tinggi. saat ini sudah banyak orang yang membuka usaha ternak cacing karena keuntungan yang di berikan pun lumayan besar.

Saat ini permintaan cacing di pasaran sangat lah pesat. Umumnya cacing biasa di jadikan sebagai obat. Permintaan cacing yang sangat tinggi bisa menjadi prospek menjanjikan dengan bisnis cacing. Biasanya yang sering di budayakan adalah jenis cacing tanah. Cacing tanah sangat di minati di pasaran. Cacing tanah meskipun di anggap jiji oleh sebagian besar orang, namun bisa memberikan keuntungan dan kesuksesan dalam beternak cacing tanah.

Kenali Jenis Cacing Sebelum Beternak

Bagi anda yang tertarik untuk mencoba bisnis ternak cacing, alangkah baiknya jika harus mengenali jenis jenis cacing dan juga memahami seluk beluk tentang cacing. Hal ini penting agar bisnis yang anda jalankan dibekali juga ilmu anda sebagai peternak cacing.

Hal umum yang perlu di pelajari adalah mengenali jenis jenis cacing. Karena jenis cacing pun berbeda yang umum di ternak adalah jenis cacing tanah. Dan jenis cacing ini pun beraneka ragam dan memiliki berbagai jenis lainnya.

Jenis Jenis Cacing Ternak

  • Cacing Lumbricus rubellus
  • cacing Eisenia fetida
  • cacing Eudrilus eugeniae
  • cacing Perionyx exavatus
  • cacing Pheretima sp
  • cacing Tubifex sp.
  • Cacing Metaphire Longa

Bagaimana Cara Memulai Ternak Cacing

Cacing termasuk jenis hewan yang memiliki nilai jual. Selain itu dalam proses ternakpun cacing sangatlah mudah. Dalam melakukan ternak cacing anda perlu melihat pedoman dan persiapan. Karena dalam ternak cacing persiapan lahan dan alat merupakan hal yang paling utama. Berikut adalah proses cara beternak cacing.

Persiapan Lahan dan Alat

Ketika akan memulai usaha ternak cacing maka persiapkan kandang cading tanah. Kandang ini berukuran 1.5 x 18 x 0.45 m dan bisa terbuat dari bahan bahan yang murah seperti bambu, papan bekas, genteng dan bakan bahan lain yang mudah didapatkan.
Proses Pembibitan saat anda telah memiliki bibit cacing. Anda bisa taruh bibit cacing tersebut di bak yang telah di sediakan. Kemudian tunggu hingga bibit tersebut bertambah jumlahnya
Proses Pemeliharaan

Dalam proses beternak cacing, ada cara cara khusus yang perlu di kuasai peternak saat memasuki proses Pemeliharaan. anda harus memasukkan cacing sedikit demi sedikit secara berkala, hal ini digunakan untuk mengamati cacing tersebut apakah betah di dalam tanah atau tidak.

Proses Panen yang Mudah

cacing-ternakYang dinanti oleh setiap peternak adalah proses masa panen. Begitu juga dengan peternak cacing. Jika sudah memasuki masa panen. Panen cacing sangat mudah di lakukan. Panen cacing pada umumnya dilakukan setelah 4 bulan memasuki masa pembibitan. Pemanenan dilakukan dengan cara mengambil 25% cacing yang dibudidaya. Untuk mengambil cacing anda hanya perlu memberikan cahaya penerangan agar cacing tersebut keluar. Karena cacing sangat sensitif terhadap cahaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here