Prospek Usaha Ternak Bebek

Prospek Usaha Ternak Bebek

1778
0
SHARE

Usaha ternak bebek saat ini merupakan salah satu peluang bisnis ternak menjanjikan. karena keuntungan yang di dapat lumayan besar. bebek yang biasa dibudidayakan memiliki beberapa jenis. Ada bebek petelur, bebek pedaging dan juga Bebek ornamental. Dalam budidaya bebek sama seperti dengan usaha ternak lain. Banyak yang perlu di perhatikan

Dalam usaha ternak bebek yang terpenting adalah penentuan lokasi ternak dan juga kandang. Lokasi untuk ternak bebek harus jauh dari keramaian penduduk. Dan juga bisa dijangkau dengan transportasi. Kondisi lingkungan dalam usaha ternak bebek perlu diperhatikan agar bisa memberikan produktifitas hasil yang baik.

Usaha Ternak Bebek Pedaging

Usaha ternak bebek pedaging termasuk kedalam salah satu jenis bebek yang sering di budidayakan di indonesia. dalam usaha ternak bebek pedaging hal yang perlu diperhatikan adalah pemilihan bibit usahakan memilih bibit unggul agar hasil yang diberikan cukup baik. Selain itu pemberian pakan ternak pun perlu untuk diperhatikan agar bisa memperoleh hasil yang maksimal.

Pemberian pakan ternak bebek harus seimbang. Sering banyak kesalahan yang dilakukan oleh para peternak bebek pedaging sehingga hasil panen dari bebek tidak seimbang. Komposisi kandungam gizi dalam pakan perlu diperhatikan agar bebek cepat tumbuh besar. berikut adalah kesalahan para peternak bebek yang sering dilakukan.

Kesalahan usaha ternak bebek

  • Sistem Angon yang salah
  • Kolam air/Kubangan tidak diperhatikan
  • Paparan sinar matahari
  • pemberian Pakan yang berlebihan
  • Pemberian Vaksin
  • Penghangat kandang tidak diperhatikan
  • Kebersihan Lantai
  • Air minum berlebih
  • Sistem sortir
  • Individual

 

Pemberian Pakan Ternak Bebek

Dalam usaha ternak bebek pemberian pakan ternak bebek sangat perlu untuk diperhatikan. Kita tidak bisa sembarangan memberikan pakan untuk ternak bebek. Kita perlu melihat usia dari bebek tersebut. Karena usia bebek menentukan jumlah pakan yang harus di berikan. Berikut adalah pola pemberian Pakan Bebek.

Kebutuhan Pakan dan minum untuk ternak bebek

Umur (Minggu ) Jumlah Pakan (kg) Jumlah Minum (L)
4–5 6,1 – 6,5 16 – 17
6–7 6,8 – 7,1 18 – 21
8–9 7,2 – 7,3 24 – 28
10–11 7,4 – 7,5 32 – 34
12 — 13 7,6 – 7,7 36 – 40
14 — 15 7,8 – 7,9 44 – 48
16 — 17 8,0 – 8,4 48 – 50
18 — 19 8,6 – 9,0 48 – 50
20 — 21 9,5 – 10 48 – 50
21 — 22 10 — 11 48-50

Jenis Jenis Bebek Ternak

Untuk usaha ternak bebek ada beberapa jenis. Dari jenis tersbut merupakan jenis lokal. Karena bebek lokal merupakan bebek yang memiliki prospek keuntungan yang besar.

Jenis Jenis Bebek

Jenis bebek petelur Mojosari

bebek-mojosariMojosari merupakan salah satu itik petelur unggul lokal yang berasal dari Kecamatan Mojokerto Jawa Timur. Itik Mojosari berpotensi untuk dikembangkan sebagai usaha ternak itik komersial, baik pada lingkungan tradisional maupun intensif.

Bebek Peking

bebek-pekingBebek peking merupakan salah satu bebek pedaging unggulan, dengan pencapaian bobot yang relatif lebih cepat, bebek peking berasal dari china. Bebek ini di dominasi oleh warna putih

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY