Home Bisnis & Wirausaha Revolusi Digital Bantu Pelaku UKM Menembus Pasar

Revolusi Digital Bantu Pelaku UKM Menembus Pasar

89
0
SHARE

Perkembangan ekonomi digital ditanah air semakin bertumbuh pesat. Hal tersebut dianggap bisa memberikan dampak positif terutama untuk para pelaku usaha. Era digital yang semakin masih bisa memberikan dampak positif terhadap pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UKM) untuk menembus pasar.

Saat ini kita sedang memasuki fase revolusi digital, ditambah dengan kehadiran e-commerce yang semakin banyak dan fintech yang terus berkembang. Sehingga nantinya ekonomi digital ini bisa memberikan dampak baik untuk UMKM. Sebab pelaku UMKM mengalami kendala sulit masuk pasar, namun dengan perkembangan digital bisa memberikan kemudahan untuk menembus pasar.

Ekonomi digital juga mempersyaratkan harus adanya koneksi internet yang bagus. Hal tersebut nantinya bisa membuat industri disektor telekomunikasi di tanah air semakin berkembang. Dampaknya sudah terlihat, industri komunikasi mencatatkan pertumbuhan 10.88% saat ini.

Dengan pertumbuhan tersebut, diharapkan nantinya Fintech juga bisa menyalurkan kredit hingga pelosok desa. Sehingga mereka yang mengalami kesulita mengakses perbankan kini bisa dengan mudah melalui fintech.

Berdasarkan data Bank Indonesia (BI), total transaksi e-commerce selama setahun bisa mencapai Rp 75 triliun. Oleh sebab itu kini pemerintah juga harus memberikan dorongan untuk pelaku UMKM untuk memanfaatkan ekonomi digital sehingga nantinya bisa menembus pasar dan bisa bersaing

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here