Stok Daging di Banten di Perkirakan Surplus Menjelang Hari Raya

Stok Daging di Banten di Perkirakan Surplus Menjelang Hari Raya

98
0
SHARE
harga daging ayam hari ini menjelang lebaran

Menjelang lebaran kenaikan harga daging sangat rentan terjadi. sehingga perlu diadakan pemantauan yang rutin. Selain itu ketersediaan stok daging juga perlu diawasi. Sehingga nantinya bisa memenuhi permintaan yang tinggi menjelang lebaran, sebab masa masa ini yang rentan terjadi kenaikan terhadap bahan pokok termasuk daging.

Menjelang lebaran ini, persediaan daging segar seperti daging sapi dan kerbau untuk wilayah Banten terbilang masih cukup dan diperkirakan terjadi surplus pasokan. Menurut Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten Agus M Tauchid mengatakan, pasokan daging sapi dan kerbau hingga lebaran 2017 diprediksi surplus 300 ton, kecuali daging ayam yang masih kekurangan, walaupun rantai pasokan daging ayam tetap lancar.

Ia juga menambahkan, nantinya H-10 dan H+7 lebaran, jika persediaan sapi yang ada di feedloter (Tempat penggemukan sapi) dipotong semua, maka diprediksi stok daging surplus 300 ton.”ucapnya”

Terjadinya surplus sekitar 300 ton dengan menghitung jumlah sapi yang ada di feedloter  dan kerbau yang ada dimasyarakat, serta menghitung kebutuhan daging selama ramadhan, Jumlah feedloter di Banten ada 13 lokasi

Melihat data kebutuhan daging sapi untuk wilayah Banten, alokasi sapi siap potong di Feedloter untuk H-10 sampai H+7 sekitar 8.068 ekor. Lalu, proyeksi alokasi kerbau siap potong di masyarakat Banten saat ini sekitar 3.950 ekor kerbau. Maka nanti produksi daging dalam periode tersebut sekitar  2.683,7 ton.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY