Sumut Anggarkan 48.000 Hektare Buat Sawit-Jagung

Sumut Anggarkan 48.000 Hektare Buat Sawit-Jagung

237
0
SHARE

Dalam catatan Kementerian Pertanian saat ini ada potensi luas tanah sekitar 1 juta hektare yang bakalan akan dipergunakan sebagai lahan perkebunan kala diintegrasikan untuk tanaman jagung. Hal ini akan dipergunakan untuk memajukan hasil di sektor jagung sebanyak 3,5 juta ton dalam tahun ini. Pemerintah nantinya akan menyasar lahan yang ada di kawasan Sumatera Utara.

Mengingat dalam kawasan Sumut saat ini tercatat potensi sekitar 48 ribu hektare lahan yang akan dipakai untuk sector perkebunan dan akan dipakai untuk penanaman jagung dimana mereka akan memakai sistem tumpang sari. Nantinya lahan itu akan disebar dalam 17 kabupaten yang ada disana.

PENANGANAN PERTANIAN JAGUNG

Ali Jamil sebagai penanggung jawab dalam badan khusus yang menangani padi, jagung dan juga kedelai di Sumut dalam beberapa waktu lalu menyampaikan kalau sampai pertengahan bulan Februari nantinya akan tercapai sekitar 9.000 Hektare lahan perkebunan kala akan diintegrasikan untuk penanaman jagung. Mereka akan menyasar lahan di wilayah perkebunan rakyat, swasta, serta juga negara.

“Kami saat ini akan mendorong perusahaan swasta serta negara sepakat memanfaatkan semua lahan TBM dan akan membantu semua program negara, kami akan juga berkoordinasi dengan Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia ( GAPKI ),” kata Ali.

“Bersama langkah ini, kami berharap kalau target Sumut jadi lumbung pangan kedepannya akan mampu terwujud, mengingat saat ini Indonesia sangat butuh lokasi startegis di sektor perkebunan.” imbuh dia.

Simak Juga:  Perum Bulog Mengalami Kendala Capai Target Serap 2.5 juta ton beras

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY