Home Info Agribisnis Tingkatkan Ekonomi, Pemprov Kaltim Akan Fokus Benahi Penghiliran Industri

Tingkatkan Ekonomi, Pemprov Kaltim Akan Fokus Benahi Penghiliran Industri

416
0
SHARE

Untuk meningkatkan ekonomi dan pendapatan Daerah. Pemerintah Provinsi Kalimantan timur akan lebih fokus untuk kegiatan pengembangan Penghiliran Industri. Langkah tersebut diambil sebagai cara untuk meningkatkan ekonomi di daerah tersebut. salah satunya adalah dengan melakukan transformasi ekonomi di Wilayah Kalimantan Timur. Transformasi Ekonomi bisa diciptakan dengan mencari potensi unggulan ekonomi diluar minyak, gas dan batu bara. Seperti diketahui, pendapatan Kaltim masih ditopang oleh penghasilan minyak, gas dan juga batu bara. Sehingga Pemprov Kaltim akan mencari Sektor lain yang akan dikembangkan untuk transformasi Ekonomi. menurut Sekretaris Provinsi Kaltim Rusmadi, kini pihaknya akan melakukan penghiliran industri sehingga bisa membangun ekonomi yang berkualitas dan berkelanjutan.

Untuk bisa mengaplikasikan penghiliran industri untuk bisa mencapai target pertumbuhan dan juga struktur ekonomi yang berkualitas, Pemprov Kaltim untuk tahun 2017 akan lebih fokus untuk melakukan percepatan program pembangunan. Pihaknya akan menggenjot proses penyelesaian pembangunan sehingga bisa mendukung penghiliran industri melalui kawasan industri yang telah ditentukan. Kalimantan Timur telah sukses melakukan Penghiliran Industri dari Sektor Gas di Bontang. Namun masih banyak yang belum tercapai seperti Sektor Mineral, Batu Bara, Industri Sawit dan Pariwisata. Sehingga hal ini yang akan dibenahi dan akan dilakukan percepatan sehingga transformasi ekonomi akan bisa terwujud dan tidak bergantung dengan satu sektor saja. sebab Kaltim Memiliki potensi ekonomi dari Sektor Lain.

Langkah percepatan yang akan dilakukan adalah dengan pengembangan agroindustri oleo chemical di Kawasan Ekonomi Khusus Maloy Batuta Trans Kalimantan (KEK MBTK) yang ada di Kab Kutai Timur. Dan yang akan di genjot proses penyelesaian adalah pembangunan Tangki timbun, Pelabuhan dan Infrastruktur lainnya. lalu akan mengembangkan kawasan industri Kariangau (Balikpapan) dan Buluminung (Penajam Paser Utara) kedua daerah tersebut akan digenjot proses pembangunan jembatan di Pulau Balang dan juga aksesnya termasuk pembangunan Marine Technopark.

Namun masih banyak daerah dengan potensi ekonomi yang akan dikembangkan, keberhasilan pembangunan Ekonomi di Kalimantan Timur adalah sebuah keberhasilan kolektif Pemprov bersama Pemerintah Pusat Kab/Kota.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here