Home Bisnis & Wirausaha Tips Budidaya Ikan Gurame Menguntungkan

Tips Budidaya Ikan Gurame Menguntungkan

1378
1
SHARE

Memulai bisnis budidaya ikan gurame bisa menjadi inspirsi bisnis yang mempunyai potensi besar dan menguntungkan. Ikan gurame merupakan jenis ikan yang sangat diminati di indonesia oleh sebab itu memulai bisnis ternak ikan gurame bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. dalam membudidaya ikan gurame membutuhkan waktu yang cukup lama agar bisa menghasilkan ukuran yang besar, tapi saat ini bisa dalam budidaya ikan gurame ada cara untuk bisa mempercepat pertumbuhan gurame. Berikut akan kami berikan tipsnya.

Cara Budidaya Ikan Gurame Cepat Besar

  • Menentukan Lokasi Kolam

Lokasi kolam untuk membudidaya ikan gurame merupakan hal wajib yang perlu diperhatikan. Dalam proses budidaya ikan gurame yang baik adalah letak kolam yang mendapat sinar matahari langsung dan suhu yang optimal untuk pertumbuhannya sekitar 25 derajat s/d 28 derajat celcius. Ikan gurame lebih cocok dibudidaya di dataran rendah dan tidak cocok untuk di dataran tinggi.

  • Menentukan Benih Yang Bagus

Untuk bisa mendapatkan hasil ikan gurame yang baik tentunya benih yang baik pun menentukan kualitas dari ikan gurame sendiri. benih yang baik untuk ikan gurame adalah benih dengan berat sekitar 100gr atau benih yang sudah berusia lebih dari 1 tahun. Dengan benih dengan ukuran itu akan mempercepat dalam memanen ikan gurame dan akan siap jual saat mencapai 500gr. Benih yang mempunyai kulaitas baik menentukan hasil yang baik juga untuk ikan gurame.

  • Memberikan pakan dan Protein

Dalam budidaya ikan gurame pemberian pakan juga sangat menentukan kualitas yang dihasilkan oleh ikan gurame. Pakan ikan gurame yang baik adalah yang banyak mengandung unsur protein hewani atau protein nabati. Kandungan protein dalam pakan ikan gurame bisa membantu mempercepat pertumbuhan ikan gurame. Anda bisa mencampur kedua jenis protein tersebut saat memberikan pakan. Protein nabati biasanya dari makanan seperti daun singkong, daun talas dan kangkung.

  • Perawatan Kolam

Agar ikan gurame dapat sehat dan terhindar dari penyakit tentunya perawatan kolam sangat perlu dilakukan. Perawatan kolam dilakukan agar ikan gurame bisa terhindar dari jamur. Ada baiknya sebelum melakukan pembenihan anda bisa melakukan pengeringan kolam selama 1 minggu, lalu berikan kapur untuk pertanian sebanyak 100gr per meter. Peralatan yang digunakan untuk budidaya ikan gurame ada baiknya direndam dalam kaporit lalu dikeringkan. Hal ini untuk menjaga kualitas ikan gurame dan juga melindungi kolam ikan gurame dari jamur

1 COMMENT

  1. Gurame sampai saat ini masih menjadi primadona untuk ternak ikan, selain harga jualnya menggiurkan perawatannya memang relatif mudah meskipun menurut saya waktu panennya cukup lama juga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here