Home Info Agribisnis Tips Mendapatkan Bibit Ternak Sapi Potong Yang Baik

Tips Mendapatkan Bibit Ternak Sapi Potong Yang Baik

2614
0
SHARE

Dalam usaha ternak sapi potong hal utama yang perlu diperhatikan adalah harus bisa mendapatkan bibit ternak sapi potong yang memiliki kualitas yang baik. Karena memiliki bibit sapi potong yang baik akan bisa memberikan keuntungan yang besar dalam bisnis ternak sapi yang dijalankan. Kualitas bibit sapi potong akan mempengaruhi hasil produksi. Jika kita bisa mendapatkan bibit sapi potong yang bagus maka setelah melewati proses penggemukan akan mendapatkan kondisi yang ideal dan bisa memenuhi permintaan pasar.

Bisa menghasilkan sapi potong yang memiliki kualitas baik akan bisa memberikan keuntungan yang menjanjikan. mengingat permintaan masyarakat terhadap daging sapi masih sangat besar. Walaupun harga daging sapi mengalami kenaikan namun nyatanya daya beli masyarakat terhadap daging sapi masih sangat tinggi.

Simak Juga:  PT Berdikari Diharapkan Membawa Perubahan Untuk Peternak Lokal

Memilih Bibit Sapi Unggul Yang Baik

Dalam memilih bibit sapi potong memang perlu banyak yang perlu diperhatikan. Kita perlu mengetahui gambaran bagaimana sapi bakalan yang baik. Karena sekali kita salah maka akan berpengaruh juga pada harga jual setelah digemukkan nanti. berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih bibit sapi potong yang baik.

  • Memilih dan membedakan Jenis Kelamin Dari Sapi tersebut
  • Cari Sapi yang memiliki kepala besar namun masih seimbang dengan badannya.
  • Cari sapi yang mempunyai leher besar kuat dan tebal bergelambir
  • Perhatikan punggung, pastikan punggung sapi lurus sejajar dan tidak melengkung/bengkok
  • Lihat bagian perut dan tulang rusuknya, usahakan tulang rusuk tidak terlalu melengkung kedalam sehingga terkesan kurang berisi.
Simak Juga:  Aceh Gencar Pacu Upsus Siwab

Selain bentuk fisik. Kita juga perlu melihat asal usul bibit sapi dan juga riwayat penyakit dari sapi tersebut. Usahakan membeli sapi pada orang yang terpercaya dan reputasi nya sudah baik di mata pebisnis sapi. Dengan memiliki bibit sapi potong yang berkualitas akan bisa memberikan keuntungan yang besar juga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here