Home Investasi Ayam Kampung Masih Memiliki Potensi Cukup Tinggi

Ayam Kampung Masih Memiliki Potensi Cukup Tinggi

2667
0
SHARE

Ternak ayam kampung memiliki potensi yang cukup besar karena permintaan dipasar masih sangat tinggi selain itu ayam kampung juga memiliki nilai ekspor yang baik karena permintaan ekspor terus mengalami peningkatan.

Namun saat ini masih minim dukungan dari pemerintah terhadap peternak ayam lokal, menanggapi hal tersebut Himpunan Peternak Unggas Lokal Indonesia (Himpuli) terus mendorong pemerintah agar bisa melakukan industrialisasi para peternak ayam lokal.

Saat ini karena peternak ayam kampung masih dinilai sebagai peternak pelengkap dipedesaan. Oleh sebab itu pihaknya meminta agar pemerintah lebih memperhatikan peternak ayam kampung lokal sebab ternak ayam kampung memiliki potensi yang cukup tinggi.

Ternak ayam kampung sangat berpeluang untuk dikembangkan dengan skala yang lebih besar. namun masih minimnya dukungan dari pemerintah hal ini menjadi hambatan bagi peternak lokal.

Saat ini peternak ayam masih seperti dilupakan padahal memiliki potensi yang sangat besar terutama untuk diekspor karena kebutuhan luar negeri cukup tinggi. berdasarkan data dari Ditjen Peternakan bahwa terdapat 22 juta tangga yang memiliki ayam kampung dengan jumlah populasi yang bermacam mulai dari skala kecil dan juga besar.

Ada satu juta lebih rumah tangga menjadikan ayam kampung untuk menambah pendapatan keluarga, dengan rata-rata populasi kepemilikan 30-100 ekor. Namun walaupun demikian ayam kampung masih menjadi bisnis ternak sampingan

Saat ini masyarakat lebih banyak mengenal Ayam Boiler, ayam ras dan peternakan sapi dan domba namum sedikit melupakan ayam kampung, padahal indonesia merupakan pusat ayam lokal terbesar di dunia. walaupun saat ini jenis ayam lokal asli indonesia sudah sangat langka karena hampir 80% sudah mengalami kepunahan.

Mengacu data yang di rilis International Livestock Research Institute, ada tiga negara yang menjadi pusat ayam dunia yaitu Indonesia, Cina Dan India. Namun Indonesia masih belum memanfaatkan hal tersebut, banyak ayam lokal yang mengalami kepunahan. Selain itu ayam lokal indonesia juga memiliki kualitas yang sudah tidak bisa di ragukan lagi. (Seputar Peternakan Ayam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here