Home Info Agribisnis Durian Jadi Buruan di China

Durian Jadi Buruan di China

5
SHARE

Durian, buah yang terkenal dengan aromanya yang kuat dan rasa yang manis, semakin populer di China. Permintaan durian di China meningkat pesat, terutama di kota-kota besar seperti Guangzhou dan Shanghai.

Faktor Pendorong Permintaan Durian di China

Faktor Penjelasan
Meningkatnya daya beli konsumen Seiring dengan pertumbuhan ekonomi China, daya beli konsumen juga meningkat. Konsumen China kini memiliki lebih banyak uang untuk dibelanjakan, termasuk untuk membeli buah-buahan premium seperti durian.
Perubahan gaya hidup Konsumen China semakin sadar akan kesehatan dan mencari makanan yang bergizi dan lezat. Durian dianggap sebagai buah yang bergizi dan memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti meningkatkan stamina dan memperbaiki suasana hati.
Pengaruh media sosial Media sosial memainkan peran penting dalam meningkatkan popularitas durian di China. Selebriti dan influencer sering memposting foto dan video mereka menikmati durian, yang membuat buah ini semakin menarik bagi konsumen.
Simak Juga:  Komitmen BPN Sulteng Membangun Kesejahteraan Warga dengan Agraria

Thailand, Pemasok Durian Terbesar ke China

Thailand merupakan pemasok durian terbesar ke China. Pada tahun 2023, Thailand mengekspor durian senilai sekitar 6,7 miliar dolar AS ke China. Durian Thailand terkenal dengan rasa yang kaya dan tekstur yang padat. Melonjaknya permintaan durian di China menghadirkan peluang bagi negara-negara Asia Tenggara, tidak hanya Thailand. Vietnam, Malaysia, dan Indonesia juga merupakan produsen durian yang besar. Negara-negara ini dapat meningkatkan ekspor durian mereka ke China untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat.

Penjualan durian di China melonjak seiring dengan meningkatnya permintaan. Permintaan durian di China didorong oleh beberapa faktor, antara lain meningkatnya daya beli konsumen, perubahan gaya hidup, dan pengaruh media sosial. Thailand merupakan pemasok durian terbesar ke China, tetapi negara-negara Asia Tenggara lainnya juga memiliki peluang untuk meningkatkan ekspor durian mereka ke China. Industri durian masih menghadapi beberapa tantangan, tetapi permintaan yang terus meningkat menghadirkan peluang yang besar bagi negara-negara produsen durian.

Simak Juga:  Sudah Dibeli Tengkulak, Petani di Jombang Pusing Harga Gabah

 

Sumber