Home Info Agribisnis Pertanian Inilah Dampak Perubahan Iklim Terhadap pertanian

Inilah Dampak Perubahan Iklim Terhadap pertanian

67
SHARE
belajar bercocok tanam di agroeduwisata
sumber gambar: litbang.pertanian.go.id

Perubahan iklim telah memberikan dampak yang signifikan terhadap pertanian di seluruh dunia. Mulai dari adanya Peningkatan suhu, curah hujan yang tidak terduga, kekeringan, banjir hingga bencana alam lainnya.

Dampak perubahan iklim yang tidak menentu tersebut telah menyebabkan penurunan produktivitas pertanian dan menyebabkan kerugian ekonomi yang signifikan.

Namun demikian, penting bagi kita untuk mengembangkan strategi adaptasi bisnis ditengah perubahan iklim seperti saat ini untuk membantu petani dan pertanian dalam menghadapi dampak perubahan iklim.

Strategi Adaptasi Petani Ditengah Perubahan Iklim

ide bisnis pertanian di masa depan

Adapun strategi adaptasi yang dapat dilakukan oleh petani agar bisa mengatasi dampak perubahan iklim terhadap petani, diantaranya adalah:

  1. Penggunaan teknologi modern. Dalam pertanian, teknologi dapat membantu dalam pengelolaan air, pemupukan, tanah, dan bahkan memprediksi cuaca. Sehingga dampak perubahan iklim terhadap petani dapat lebih diminimalisir.
  2. Diversifikasi pertanian. Metode ini juga bisa menjadi salah satu strategi adaptasi yang dapat dilakukan. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko kegagalan panen akibat perubahan iklim dengan menanam berbagai jenis tanaman dalam satu lahan.
Simak Juga:  Presiden Jokowi Infokan Penurunan Impor Jagung RI

Peran pemerintah Mengatasi Dampak Perubahan Iklim Terhadap Petani.

Selain kedua hal diatas, Pemerintah juga memiliki peran yang sangat penting dalam membantu dan menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh petani dalam menghadapi dampak perubahan iklim.

Adapun bantuan yang dapat diberikan oleh pemerintah kepada pelaku bisnis untuk menjawab tantangan bisnis saat perubahan iklim adalah dengan bantuan kepada teknis, bantuan finansial, hingga program insentif untuk mendorong petani dalam mengadopsi strategi adaptasi bisnis yang telah disebutkan pada poin-poin diatas.

Selain itu, Pemerintah juga dapat membangun infrastruktur yang mendukung pertanian, diantaranya seperti sistem irigasi yang memadai, infrasturktur dan jalan yang memadai, serta program pengembangan pasar.

Sehingga dengan demikian, dampak perubahan iklim terhadap petani dan petani dapat diminimalisir.

Simak Juga:  Usaha Indico Sebagai Anak Perusahaan Telkomsel Untuk Agribisnis

Kesimpulannya, dalam rangka menghadapi dampak perubahan iklim, penting bagi para petani dan pelaku usaha pertanian untuk meningkatkan kesadaran akan perubahan iklim dan mengadopsi strategi adaptasi yang tepat.

Karena dalam jangka panjang, perubahan iklim dapat mengancam ketahanan pangan global, sehingga upaya bersama dari semua pihak sangatlah penting untuk menjaga keberlangsungan pertanian di masa depan