Home Info Agribisnis Petani Gunung Wilis Tanam Cabai Akibat 40 Hektare Lahan Cengkih Mati

Petani Gunung Wilis Tanam Cabai Akibat 40 Hektare Lahan Cengkih Mati

6
SHARE
Petani
Petani gunung wilis (sumber gambar: jawapos.com)

Pendahuluan

Ratusan petani di lereng Gunung Wilis, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, mengeluhkan menurunnya produktivitas tanaman cengkih akibat banyak pohon yang mati. Untuk menopang ekonomi keluarga, para petani beralih menanam cabai.

Luas lahan tanaman cengkih yang mati mencapai sekitar 40 hektare, tersebar di wilayah Desa Kare. Para petani menanam cabai dengan target panen menjelang Lebaran.

Penanaman cabai dilakukan dengan pembinaan dari Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Madiun. Para petani berharap tanaman cabai dapat menopang perekonomian mereka yang terdampak oleh matinya tanaman cengkih.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Madiun, Sumanto, menyampaikan bahwa penanaman cabai bertujuan untuk menopang ekonomi petani.

Faktor Penyebab Matinya Tanaman Cengkih

Penyebab matinya tanaman cengkih di lereng Gunung Wilis belum diketahui secara pasti. Namun, beberapa faktor yang diduga menjadi penyebab antara lain:

  • Penyakit: Penyakit seperti layu Fusarium dan busuk akar dapat menyebabkan kematian pohon cengkih.
  • Hama: Hama seperti kumbang kulit dan kutu daun dapat menyerang pohon cengkih dan menyebabkan kerusakan.
  • Kondisi Tanah: Kondisi tanah yang buruk, seperti kekurangan unsur hara atau drainase yang buruk, dapat mempengaruhi kesehatan pohon cengkih.
  • Faktor Iklim: Perubahan iklim, seperti kekeringan atau curah hujan yang tinggi, dapat berdampak negatif pada pertumbuhan pohon cengkih.
Simak Juga:  Krisis Pangan Ancam Produksi Padi Hingga 1,89 Juta Ton di Indonesia !

Dampak Ekonomi

Matinya tanaman cengkih di Gunung Wilis berdampak signifikan pada ekonomi petani. Cengkih merupakan komoditas unggulan yang menjadi sumber pendapatan utama bagi masyarakat di wilayah tersebut.

Penurunan produksi cengkih dapat menyebabkan berkurangnya pendapatan petani dan berdampak pada kesejahteraan keluarga mereka. Selain itu, matinya tanaman cengkih juga dapat mempengaruhi industri pengolahan cengkih dan perekonomian daerah secara keseluruhan.

Dampak Lahan Cengkih Mati di Gunung Wilis

Dampak Lingkup Deskripsi
Ekonomi Petani Penurunan pendapatan petani karena berkurangnya produksi cengkih
Ekonomi Industri pengolahan cengkih Berkurangnya pasokan cengkih dapat berdampak pada produksi dan penjualan produk olahan cengkih
Ekonomi Perekonomian daerah Penurunan pendapatan petani dan industri pengolahan cengkih dapat berdampak negatif pada perekonomian daerah
Sosial Petani Kemiskinan dan kesulitan ekonomi bagi petani yang bergantung pada cengkih sebagai sumber pendapatan
Sosial Masyarakat sekitar Berkurangnya lapangan kerja di sektor perkebunan cengkih dapat berdampak pada kesejahteraan masyarakat sekitar
Lingkungan Ekosistem hutan Matinya pohon cengkih dapat mengganggu ekosistem hutan dan mengurangi keanekaragaman hayati
Lingkungan Kualitas tanah Penebangan pohon cengkih yang mati dapat menyebabkan erosi tanah dan penurunan kesuburan tanah
Lingkungan Iklim Berkurangnya tutupan hutan akibat matinya pohon cengkih dapat berdampak pada iklim mikro dan berkontribusi pada perubahan iklim
Simak Juga:  Apa itu Molase

Upaya Pemerintah

Pemerintah Kabupaten Madiun telah mengambil langkah-langkah untuk membantu petani yang terdampak matinya tanaman cengkih. Salah satunya adalah dengan memberikan bantuan bibit cabai dan pupuk.

Selain itu, pemerintah juga memberikan pelatihan kepada petani tentang teknik budidaya cabai yang baik. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas tanaman cabai dan membantu petani menopang ekonomi mereka.

Kesimpulan

Matinya tanaman cengkih di Gunung Wilis merupakan masalah yang perlu mendapat perhatian serius. Pemerintah dan pihak terkait perlu bekerja sama untuk mengidentifikasi penyebab kematian pohon cengkih dan mencari solusi untuk mencegahnya terjadi kembali.

Selain itu, perlu dilakukan upaya untuk membantu petani yang terdampak, seperti memberikan bantuan bibit dan pelatihan budidaya tanaman alternatif. Dengan demikian, kesejahteraan petani dan perekonomian daerah dapat tetap terjaga.Diharapkan dengan dukungan pemerintah dan kerja sama seluruh pihak, petani di Gunung Wilis dapat mengatasi masalah ini dan kembali memperoleh penghasilan yang layak dari pertanian.

sumber : https://www.detik.com/jatim/berita/d-7259465/40-ha-lahan-cengkih-di-gunung-wilis-mati-petani-beralih-tanam-cabai