Home Bisnis & Wirausaha Tips Agar Berhasil Menjalankan Bisnis Laundry

Tips Agar Berhasil Menjalankan Bisnis Laundry

76
0
SHARE

Dari berbagai macam bisnis rumahan yang semakin berkembang terutama di kota besar, yang paling menguntungkan adalah bisnis laundry (cuci baju). Pasar untuk bisnis ini pun sudah sangat luas, sehingga anda pun juga bisa terjun ke dalam lingkup bisnis ini.

Bahkan, saat ini usaha laundry tidak bisa hanya dipandang sebelah mata karena banyak yang sudah menjadikannya sebagai bisnis franchise.

Bagi anda yang sudah mulai terjun ke dalam bisnis laundry, ataupun baru berpikir untuk memulainya, ada beberapa tips yang harus dilakukan agar kesuksesan didapatkan.

  • Siapa Target Konsumen Anda?

Biasanya, konsumen laundry berasal dari orang yang sibuk dengan pekerjaan mereka dan tidak memiliki waktu untuk mencuci. Jadi, pemilihan target tentu saja harus tepat pada sasaran, dan bukan masyarakat umum yang memiliki waktu luang untuk mencuci.

  • Tempat Strategis

Setelah menentukan target konsumen dan memposisikannya sebagai prioritas anda. Hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah memilih tempat strategis untuk bisnis ini. Jika targetĀ  anda adalah mahasiswa maka pilihlah tempat didekat kampus atau kos-kosan. Pemilihan tempat seperti ini akan sangat berpengaruh dalam keberlangsungan bisnis. Semakin strategis pemilihan tempat, semakin laris manis usaha jasa laundry anda.

  • Harga, Kualitas, Tepat Waktu

Lebih baik pasanglah tarif yang dapat bersaing, atau tidak terlalu mahal dari pesaing anda. Disamping itu, fokuslah pada kualitas cucian, semakin bersih, wangi, dan rapi cucian anda maka konsumen akan puas dan secara tidak langsung ikut mempromosikan bisnis anda. Selain itu, perhatikan juga waktu penyelesaian pengerjaan dengan membuat semacam jadwal tertulis agar tidak terjadi keterlambatan.

  • Pelayanan dan Fasilitas

Pelayanan dengan wajah cemberut tentu tidak akan mendatangkan konsumen yang banyak. Jadi, sebisa mungkin bersikaplah ramah dan sopan terhadap pelanggan. Selain itu, berikanlah fasilitas seperti antar jemput laundrian ke konsumen sehingga mereka dimudahkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here