Home Info Agribisnis Pertanian 5 Jenis Aplikasi Pertanian untuk Petani

5 Jenis Aplikasi Pertanian untuk Petani

182
0
SHARE
jenis aplikasi pertanian untuk petani

5 Jenis Aplikasi pertanian untuk Petani – Sejalan dengan kemajuan teknologi dan informasi hal ini semakin berdampak terhadap meningkatnya penggunaan teknologi canggih dalam kehidupan masyarakat. Teknologi yang ditawarkan memberikan kemudahan dalam membantu masyarakat dalam mencari informasi. Sejalan dengan meningkatnya penggunaan smartphone dikalangan masyarakat, membuat aktifitas bisa semakin terbantu, karena banyak hal yang bisa dilakukan dengan ponsel pintar tersebut.

Penggunaan teknologi beserta kecanggihannya biasanya hanya bisa dirasakan oleh beberapa kalangan saja. Namun ini para petani juga bisa memanfaatkan penggunaan smartphone untuk mengakses aplikasi pertanian. Kini sudah tersedia aplikasi pertanian yang bisa membantu para petani dalam mengembangkan lini bisnisnya. Berikut adalah 5 jenis aplikasi pertanian.

5 Jenis Aplikasi Pertanian

  1. Rice Doctor

Aplikasi ini dirancang oleh Internasional Rice Research Institute (IRRI) yang berpusat di Los, Filipina. Aplikasi ini tersedia gratis di Playstore, bisa digunakan secara offline. Aplikasi ini terdapat hampir 100 permaslaahan yang teradapat pada tanaman padi yang terjadi dilapangan seperti efisiensi/kekurangan unsur hara makro dan mikro, hama hingga penyakit. Aplikasi ini nantinya akan memberikan jawaban dengan permasalahan yang terjadi.

  1. Mata Daun

Aplikasi ini diciptakan oleh anak bangsa. Aplikasi ini dirancang untuk bisa memudahkan para petani dalam menghitung jumlah pupuk yang dibutuhkan untuk masing-masing jenis tanaman dengan praktis dan mudah. Cara kerja aplikasi ini hanya dengan memfoto daun tanaman yang akan dihitung jumlah pupuknya. Lalu akan muncul hasilnya dilayar ponsel. aplikasi ini sudah melewati masa pengujian dan hasilnya 80% akurat.

  1. Petani

Aplikasi Petani dikembangkan oleh 8Villages dengan tujuan untuk memberikan kemudahan dalam pertukaran informasi antara pakar pertanian dan petani ketika para petani mengalami kendala dalam budidaya tanaman. Melalui aplikasi ini petani bisa mengirimkan foto kondisi tanaman dan detailnya ke aplikasi dan pakar akan menjawab permasalahan tersebut.

  1. TaniHub

Aplikasi ini dibuat pada 2015 lalu. Tujuan dibuatnya aplikasi ini adalah untuk memberikan para petani keadilan agar bebas dari perantara atau tengkulak yang mempermainkan harga dan menekan harga. Sehingga aplikasi ini nantinya bisa memberikan keadilan untuk petani

  1. Pantau Harga

Aplikasi ini nantinya akan memberikan informasi berupa harga resmi pangan dipasar. Sehingga nantinya para pengguna bisa melakukan transaksi dengan petani secara langsung dan transparan. (5 Jenis Aplikasi Pertanian untuk Petani)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here